Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Selada pada Supermarket Gelael di Semarang

Article History

Submited : September 19, 2021
Published : April 18, 2022

Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan sikap konsumen dalam melakukan kegiatan berbelanja, konsumen cenderung memilih untuk berbelanja di tempat yang higienis dan bersih serta produk yang dibeli kualitas dan kehigienisannya terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk selada di Gelael Supermarket Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di Gelael Supermarket Kota Semarang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden didominasi oleh konsumen perempuan, memiliki latar belakang pendidikan Strata 1, meliki pendapatan Rp 3.000.000-Rp 5.000.000 dan didominasi oleh ibu rumah tangga. Responden membeli produk selada untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan responden merasa mudah untuk mencari informasi mengenai produk selada yang dijual di Gelael Supermarket. Pertimbangan responden dalam memilih produk selada yang dijual di Gelael Supermarket karena selada yang dijual segar dan higienis dibandikan membeli di pasar tradisonal. Responden biasanya membeli produk selada merek HAB dan responden merasa puas terhadap produk yang sudah dibeli di Gelael Supermarket. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan sedangkan variabel lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian selada di Gelael Supermarket Semarang. Secara serentak variabel produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian selada di Gelael Supermarket Semarang.

Balqiah, T. E. 2017. Perilaku konsumen. Universitas Terbuka. Tanggerang Selatan

Cypert, K., Prasetyo, E., dan Setiadi, A. 2019. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian brokoli organik di pasar modern Gelael Semarang. J. Of Social and Agricultural Economic. 12 (2): 67-79.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartini, S. 2012. Peran inovasi: pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. J. Manajemen dan Kewirausahaan. 14 (1): 83-90.

Nasir, M.. 2003. Metode Penelitian. Ghalian Indonesia. Jakarta.

Putro, S. W. 2014. Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden. J. Strategi Pemasaran. 2 (1): 1-9.

Rahmat, A. 2012. Pengaruh bauran eceran (retail mix) terhadap keputusan pembelian konsumen pada Carrefour Palembang Square. J. Manajemen. 1 (2): 1-17.

Widowati, M., dan Purwanto, A. B. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian dengan visual merchandising sebagai variabel moderating. J. Ilmiah Ekonomi. 9 (1): 65-80.
Desrian, A., Budiraharjo, K., & Nurfadilah, S. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Selada pada Supermarket Gelael di Semarang. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 29(1), 74 - 84. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v29i1.1019
Fulltext