Analisis Faktor Pemasaran Online Melalui Aplikasi Sayurbox Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Article History

Submited : November 4, 2021
Published : August 5, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pemasaran online-aplikasi Sayurbox terhadap keputusan pembelian buah dan sayur. Metode penilitian yang digunakan adalah survei, pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang  yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, pengambilan data responden dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner secara online kepada konsumen yang pernah berbelanja melalui aplikasi Sayurbox sebanyak 100 orang. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS untuk dilakukan uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kualitas desain (x1), sistem pembayaran (x2), kualitas informasi (x3) dan reputasi toko online (x4) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox. Secara parsial kualitas desain (x1), kualitas informasi (x3) dan reputasi toko online secara parsial (x4) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox, sedangkan pada variabel sistem pembayaran (x2) secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox. Hasil analisis yang didapatkan dari uji regresi linear berganda, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,464 atau 46,4%. Artinya dalam hal ini bahwa kualitas desain (x1), sistem pembayaran (x2), kualitas informasi (x3) dan reputasi toko online (x4) menjadi pengaruh keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox sebesar 46,4%, sedangkan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika – Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harimurti Anita Cicilia, Agriani Hermita Sadeli, Hesty Nurul Utami, dan Gema Wibawa Mukti. 2016. Strategi peningkatan kinerja atribut produk sayuran melalui pemasaran online dalam upaya meraih kepuasan konsumen (studi kasus di pasar kecil Bandung). J. Agrosains dan Teknologi. 1 (2): 48-63.

Kustiningsih, Eka Wundi Lilis. 2014. Variabel-variabel yang mempengaruhi keutusan menjadi nasabah tabungan faedah bank BRI syariah cabang Samarinda. J. Ilmu Administrasi Bisnis. 2 (2): 201-214

Lestari Niken Ayu, dan Sri Setyo Iriani. 2018. Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs Matahrimall.com. J. Manajemen Ekonomi. 6 (1): 1-8.

Mardiyati, Umi, Gatot Nazir Ahmad, dan Ria Putri.. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. J. Riset Manajemen Sains Indonesia. 3 (1): 1-17.

Muhardono Ari., dan Susilo, Dwi. 2019. Teknik analisis regresi linear berganda dan important performance analysis untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan akademik. Buletin Bisnis dan Manajemen. 5 (2): 148-162.

Mulyadi Agustinus, Dian Eka, dan Welly Nailis. 2018. Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di toko online Lazada. J. Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan. 15 (2): 87-94.

Natalia Priccila, dan Mumuh Mulyana. 2014. Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. J. Ilmiah Manajemen Kesatuan. 2 (2): 119-128.

Nazirah, Ulyatul, dan Sorayanti Utami. 2017. Pengaruh kualitas desain website terhadap pembelian dimediasi oleh persepsi kualitas produk pada Lazada.co.id. J. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. 2 (3): 55-69.

Priyastama, Romie. (2020). The Book of SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Start Up.

Rachmawati Ike Kusdyah, Yunus Handoko, Fenia Nuryanti, Maulidia Wulan, Syarif Hidayatullah. 2019. Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF). 3(1): 1617-1625.

Rakasyifa Ishfihana, dan Gema Wibawa Mukti. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayur dan buah di ritel online. J. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 6 (1): 275-289.

Raintung, Michael. 2019. Pemasaran online produk unggulan Kota Manado melalui media sosial online (studi pada mahasiswa FEB UNSRAT). J. Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 7 (4): 5276-5285.

Shahnaz, Nanda Bella Fidanty, dan Wahyono Wahyono. 2016. Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di toko online. J. Analisis Manajemen. 5 (4): 389-399.

Sopiyan Pipih. 2020. Pengaruh strategi harga dan visual merchandising terhadap keputusan pembelian online. J. Inspirasi Bisnis dan Manajemen. 3 (2): 193-205.

Suci Devi Wulan, Eliza Eliza, dan Evy Maharani. . 2014. Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam pembelian buah dan sayur sistem ritel di pasar buah Pekanbaru. J. Fakultas Pertanian. 1 (2): 1-15

Utami Hesty Nurul, dan Iqbal Fauzi Akbar Firdaus. 2018. Pengaruh bauran pemasaran terhadap perilaku online shopping : perspektif pemasaran agribisnis. J. Ecodemica. 2 (1): 136-146

Wibowo Setyo Ferry, dan Maya Puspita Karimah. 2012. Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian sabun Lux (survei pada pengunjung Mega Bekasi Hypermall). J. Riset Manajemen Sains Indonesia. 3 (1):1-15.
Putri, R., Mukson, M., & Budiraharjo, K. (2022). Analisis Faktor Pemasaran Online Melalui Aplikasi Sayurbox Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 29(2), 130 - 143. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v29i2.1069
Fulltext