Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong

Article History

Submited : March 22, 2022
Published : August 10, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, besar margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan tingkat efisiensi pemasaran beras semi organik di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yakni di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Penentuan responden petani menggunakan metode sensus sebanyak 46 orang. Penentuan responden pedagang menggunakan metode bola salju (snowball sampling), yaitu 1 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang besar, dan 2 orang pedagang pengecer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis margin pemasaran, besaran bagian harga yang diterima petani dan analisis efisiensi pemasaran beras semi organik. Hasil penelitian menunjukkan ada dua bentuk saluran pemasaran beras semi organik di Desa Tindaki yaitu : 1. Saluran pemasaran pertama, Petani àPedagang Pengumpul àPedagang Besar à Konsumen (Kota Palu). 2.  Saluran pemasaran kedua, Petani à Pedagang Besar àKonsumen (Kabupaten Toli-Toli). Total margin pemasaran beras semi organik di Desa Tindaki  pada  saluran pemasaran pertama yaitu Rp 3.500/kg, dan total margin pemasaran beras semi organik pada  saluran kedua yaitu Rp.2.500. Besarnya bagian harga yang diperoleh petani pada saluran pertama yaitu sebesar 71%, sedangkan besar bagian harga yang diterima pada saluran pemasaran kedua sebesar 77%.  Efisiensi pemasaran beras semi organik di Desa Tindaki  pada saluran pertama sebesar  5,01%.  Sedangkan pada saluran kedua sebesar 4,71%. 

Arbi M, Thirtawati, Junaidi Y, 2018. Analisis Saluran Dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP 11(1):22-32

Ariyono A, Rita N dan Harmini, 2013. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Dan Sistem Pemasaran Beras Di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Forum Agribisnis. 3(1):23-38

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Parigi Moutong. 2021. Produksi Padi Sawah Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2021.

Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan. 2020. Daftar Produk Pertanian Bersertifikat Prima. phpp.pertanian.go.id. Diakses pada 9 Februari 2022.

Kuwornu, Jhon. K. M., Abdulai. A. Nafeo and Yaw. B. Osei-Asare. 2013. Financial Viability, Value Addition and Constraint Analyses of Certified Organic Pineapple Production and Marketing in Ghana. African Journal of Basic and Applied Sciences, 5 (1): 12-24.

Yuniarti D, Rahayu E. S. dan Harisudin M, 2017. Saluran Pemasaran Beras Organik Di Kabupaten Boyolali. Jurnal Agrisocionomics 1(2):112-121.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sudiyono, A, 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Swastha, B. dan Ibnu Sokotjo. 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. CV. Pionir Group. Bandung.
Laksmayani Antara, M. K. (2022). Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 29(2), 173 - 179. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v29i2.1226
Fulltext