Strategi Peningkatan Produksi Beras Dalam Ketahanan Pangan di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi

Article History

Submited : Agustus 25, 2022
Published : Mei 8, 2023

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan produksi beras dalam ketahanan pangan yang ada di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan metode sampel acak sederhana  (Simple Random Sampling), Alat analisis data yang digunakan  dalam  penelitian ini yakni Cobb-Douglas. Hasil Analisis Cobb-Douglas Menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 65,984 > Ftabel = 2,32 pada α = 5% yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak, sehingga variabel luas lahan (X1), benih (X2), Pupuk Urea (X3), Pupuk NPK (X4), Pestisida (X5) dan Tenaga Kerja(X6). Secara bersama–sama (simultan) berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi Secara parsial variabel Luas Lahan, benih dan pupuk NPK, Tenaga Kerja  berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Palolo Kabupaten  Sigi, sedangkan Pestisida dan Pupuk Urea  berpengaruh  tidak nyata terhadap Produksi Padi Sawah, sehingga dikatakan ada pengaruh dalam peningkatan produksi beras dalam ketahanan pangan yang ada di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.

Badan Litbang Pertanian, 2008. Analisis Kebijakan Peningkatan Produksi Padi Melalui Efisiensi Pemanfaatan Lahan Sawah di Indonesia. J. Analisis Kebijakan Pertanian. Vol. 5 (1) : 36-571.

Hanafie, Rita, 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Harper. L. J. , B. J. Deaton & J. A Driskel. 1986. Pangan, Gizi dan Pertanian (Suhardjo, penerjemah). UI Press. Jakarta.

Khumaidi, N,. 1997. Gizi Masyarakat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi. IPB.

Maulana, 2003. Karakteristik Fungsi Produksi Usahatani Pangan di Indonesia. J. Agroland. Vol. 2 (12) : 111 – 122. Edisi Agustus 2003 ISSN : 0854-641X .

Purwaningsih, Y. e. (2008). Ketahanan Pangan : Situasi, Permasalahan, Kebijakan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal ekonomi Pembangunan. Balai Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unversitas Muhammadiyah Surakatra. Surakarta. Vol. 9 (1) : 1-27.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Santoso, Singgih.. 2001. SPSS Versi11,5 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Saragih, B. (2001). Suara dari Bogor : Membangun Sistem Agribisnis. Bogor: Yayasan USESE bekerjasama dengan Sucofindo.

Sevilla, G Consuelo dkk. (1993). Pengantar metode Pennelitian. Jakarta: UI-PRESS.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb-Douglas. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb Douglas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Soetriono. 2006. Daya Saing Pertanian Dalam Tinjauan Analisis. Bayumedia Publishing. Malang.

Sudaryanto, T. Rusastra, W. 2006. Kebijakan Strategis Usaha Pertanian Dalam Rangka Peningkatan Produksi dan Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 25 (4) : 2-21.

Sukestiyarno. (2013). Strategi Pengolahan Data Hasil Penelitian Pendidikan. Seminar Nasional Evaluasi Pembelajaran Tahun 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suryanto, B. 2004. Peran Usahatani Ternak Ruminansia Dalam Pembangunan Agribisnis Berwawasan Lingkungan. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Diponegoro. Semarang.

Syahri dan R.U. Somantri. 2016. Penggunaan varietas unggul tahan hama dan penyakit mendukung peningkatan produksi padi nasional. Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 35 (1): 25-36.

Syahri dan Somantri, M. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Ekspor Beras Indonesia. Program Studi Ekonomi Pertanian dan Sumber Daya. Fakultas Pertanian IPB. Bogor

Weingärtner, L. 2004. The Concept of Food and Nutrition Security. International Training Course Food and Nutrition Security Assessment Instruments and Intervention Strategies.