Sektor Potensial yang Menunjang Perekonomian Kota Palu

Article History

Submited : Januari 11, 2023
Published : Mei 8, 2023

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah tidak terlepas dari peran sektor-sektor ekonomi yang ada di daerah tersebut. Salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan adalah sektor pertanian. Hal ini karena sektor pertanian mempunyai peran secara langsung sebagai penyedia pangan masyarakat dan modal bagi pengembangan sektor lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sektor perekonomian yang berpotensi serta mengetahui sejauh mana sektor pertanian khususnya komoditi pangan di Kota Palu. Alat analisis data yang digunakan  dalam  penelitian ini adalah Analisis Tipologi Klassen, Analisis Deskiptif dan Analisis SWOT untuk melihat apakah sektor pertanian khususnya komoditi pangan masih dapat dipertahankan. Hasil penelitian menggunakan Analisis Tipologi Klassen menunjukan sektor transportasi dan pergudangan merupakan sektor maju dan tumbuh dengan pesat karena berada pada kuadran I. Adapun Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, sektor pertambangan dan penggalian, serta sektor industri pengolahan merupakan sektor relative tertinggal. Hal yang menyebabkan sektor pertanian menjadi sektor relative tertinggal antara lain menurunnya luas panen, produksi dan produktivitas komoditi yang diakibatkan oleh permasalahan seperti konversi lahan pertanian, tingkat serangan hama/penyakit yang tinggi, sistem tata niaga yang belum tertata dengan baik dan bencana alam yang terjadi pada akhir tahun 2018. Namun meskipun demikian sektor pertanian (subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan perikanan) masih berpotensi untuk dikembangkan. Alternatif strategi untuk mempertahankan sektor pertanian khususnya komoditi pangan adalah (1) peningkatan produksi dan produktivitas pangan dan (2) penguatan kelembagaan bagi GAPOKTAN.

Adisasmita, R. (2018). Dasar-Dasar ekonomi wilayah. (Eds.2). Yogyakarta: Expert.

Alridiwirsah, H.H. & Muchtar. Y (2015). Uji Toleransi Beberapa Varietas Padi (Oriza Sativa L) terhadap pangan. Jurnal Pertanian Tropik. 2(2):94-96

Arifin. (2021). Analisis Daya Saing Dalam Strategi Pengembangan Kompetensi Daerah: Studi Kasus di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Universitas Tanjungpura. Jurnal Ekonomi, Sosial, dan Humaniora, 2(6).

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palu. (2021). Kota Palu dalam Angka 2021. BPS Kota Palu/BPS-Statistics of Palu Municipality.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah. (2021). Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah Menurut Lapangan Usaha 2016 – 2020. Sulawesi Tengah.

Biky, M.A. (2019). Penentuan Sektor Unggulan dan Struktur Pertanian di Kabupaten Tegal. Bachelor Thesis. Purwokerto: Univesitas Muhammadiyah Purwokerto.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu (2021). Rencana Induk Pengembangan Pertanian dan Perikanan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Hajeri, Y.E., & Dolorosa, E. (2015). Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 4(2), 253-269.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2021). Kosntan Menjaga Pertumbuhan Sektor Informasi dan Komunikasi. Jakarta: KOMINFO. Online melalui https://www.kominfo.go.id/content/detail/33003/konstan-menjaga-pertumbuhan-sektor-informasi-dan-komunikasi/0/artikel (10/02/2021)

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survey. Kecana Prenada. Jakarta: Media Group.

Nadziroh, M.N. (2020) Peran Sektor Pertanian Dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Magetan. Institut Agama Islam Negeri Ponegoro. Jurnal AGRISTAN, 2(1).

Rahmayani. (2019). Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Makassar: Universitas Muhammadiyah. Skripsi. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitif dan R&D. Bandung: Alfabeta.