Pengaruh Food Quality dan Brand Image Dalam Keputusan Harga pada Toko Roti La Longz Bakery Kota Luwuk

Article History

Submited : Juli 5, 2023
Published : Agustus 14, 2023

Harga merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh pelaku usaha dalam menetapkan harga produknya. Penetapan harga mempengaruhi kualitas produk dan volume dalam penjualan.  Pengusaha perlu memikirkan tentang harga jual secara tepat karena harga yang tidak tepat akan berakibat tidak menarik para pembeli untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh foof quality dan brand image dalam keputusan harga pada Toko Roti La Longz Bakery. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2022 di Toko Roti La Longz Bakery dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu teknik Accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa food quality  dan brand image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penentuan harga roti di La Longz Bakery.

Aryani, Rosinta. 2010, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol 17(2): 112-146.

Fiani, S. M., & Japarianto, E. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran 47(1): 334-341.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta:
Erlangga.

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat, Depok.

Putro, Shandy Widjoyo, Hatane Samuel, Ritzky Karina, Brahmana. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 2(1):1-9.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33.
Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriana. 2013. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Medan. USU Press.