The Strategi Komunikasi Agrowisata Tlogo Tuntang Semarang dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung pada Masa Pandemi Covid-19

Article History

Submited : August 22, 2023
Published : December 6, 2023

Pandemi Covid-19 telah banyak memengaruhi kondisi perekonomian, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Salah satu industri pariwisata yang mengalami dampak Pandemi Covid-19 adalah Agrowisata Tlogo Tuntang. Banyak hal yang telah dilakukan Agrowisata Tlogo Tuntang eksistensi bisnis yang mereka miliki diantaranya adalah membangun strategi komunikasi dalam kegiatan bisnis. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan stategi komunikasi yang diterapkan oleh Agrowisata Tlogo Tuntang untuk meningkatkan jumlah pengunjung di masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik snowball sampling kepada satu key informant yaitu asisten manajer perusahaan, dua pegawai marketing perusahaan dan satu pegawai senior melalui wawancara mendalam dengan jenis kuesioner yaitu semi-terstruktur. Peneliti melakukan observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perencanaan pesan di dalam strategi komunikasi dibuat berdasarkan hasil musyawarah seluruh karyawan yang berisi tentang promosi produk Agrowisata Tlogo Tuntang serta penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Metode komunikasi yang diterapkan oleh Agrowisata Tlogo Tuntang di masa Pandemi Covid-19 dilakukan secara persuasif kepada pengunjung yang datang menggunakan media offline dan metode komunikasi secara redundansi dilakukan melalui akun media sosial yang dimiliki dan khalayak yang dituju adalah keluarga dan individual traveler. Agrowisata Tlogo Tuntang memiliki kendala dalam stategi komunikasi yang mereka lakukan diantaranya ialah keterbatasan jumlah human resources, financial resources yang tersedia serta tampilan dan inovasi produk yang telah usang. Jika dilihat dari keterbatasan yang dimiliki oleh Agrowisata Tlogo Tuntang dalam masa Pandemi Covid-19, pelatihan digital marketing merupakan salah satu solusi alternatif yang direkomendasikan peneliti untuk meningkatkan sumber daya dalam mengelola dan meningkatkan pendapatan Agrowisata Tlogo Tuntang.

Asrin, S., Putri, T. A., & Utami, A. D. (2022). Transmisi Harga Beras di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 10(1), 159–168.

Badan Pusat Statistik. 2020. Buku Statistik Pariwisata Jawa Tengah. Badan Pusat Statistik. Semarang.

Fitranto, R., Wahyono, N. D., & Wibisono, Y. (2020). Strategi Pengembangan Pemasaran Buah Mangga Arumanis 143 PT. Trigatra Rajasa Situbondo Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 8(1), 58–68.

Hanik, U. & Mas’ud, M. I. (2019). Perencanaan inovasi pengembangan Agrowisata Bukit Flora dengan pendekatan metode bisnis model kanvas. Jurnal Teknik Pengetahuan Industri, 6(3), 91–100.

Harefa, M. (2020). Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Penerimaan Daerah di Kabupaten Belitung. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 11(1), 65–77.

Imran, M., Rakhman, B., & Herianto, D. (2021). Partisipasi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 pada Pemilihan Walikota Makassar Tahun 2020. Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 38–45.

Luthan P. L. A., Nikman, Y., Hasibuan, H. N., & Malau, J. P. A. (2019). Pelatihan Urban Farming Sebagai Solusi Ruang Terbuka Hijau di Lorong Sidodadi Medan Helvetia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 1–5.

Martoredjo, N. T. (2015). Peran Dimensi Mentoring dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Humaniora, 6(4), 444–452.

Murodah, M., Charolina, O., & Marisidi, M. (2022). Implikasi Pengembangan Potensi Desa Wisata Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lagan Bungin Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Sains dan Sosial, 5(2), 398–408.

Muzha, V. K., Ribawanto. H., & Hadi. M. (2013). Pengembangan agrowisata dengan pendekatan community based tourism. Jurnal Administrasi Publik, 1(3), 135–141.

Nurhadi, I. (2018). Strategi Pengembangan Agrowisata di Perkebunan Dillem Wilis Kabupaten Trenggalek. Jurnal Agribisnis, 18(2), 14–26.

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 929–939.

Silviani, I, P, Darus. 2021. Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Merketing Communication (IMC). Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Trisilia, M. (2020). Analisis Standar Belanja untuk Penyusunan RKA-APBD Kegiatan Penyelenggaraan Rapat. Jurnal Tangible, 5(2), 87–92.

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon kebijakan mitigasi dampak wabah Covid-19 pada sektor pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan, 4(2), 191–206.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta, Bandung.

Syabandi, E., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., & Husni, M. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Guru Kunjung di Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6495–6503.

Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam di Era Milenial 4.0. Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 1–17.

Zellatifanny, C. M. & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83–90.
Fawwazy, M., Gayatri, S., & Mariyono, J. (2023). The Strategi Komunikasi Agrowisata Tlogo Tuntang Semarang dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung pada Masa Pandemi Covid-19. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 30(3), 236 - 245. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v30i3.1850
Fulltext