Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce pada Usaha Queen’s House di Kota Palu

Article History

Submited : May 8, 2024
Published : August 23, 2024

Perdagangan elektronik atau e-commerce didefinisikan sebagai cara untuk menjual dan membeli barang dan jasa melalui jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran berbasis e- commerce berdasarkan kondisi faktor internal dan eksternal pada usaha Queen’s House. Penentuan responden ditentukan secara purposive sampling, jumlah responden sebanyak 15 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran di Queen’s House berada pada strategi ST yaitu kuadran II dengan nilai 3,25, Alternatif strategi yaitu (a) Queen’s House dapat memaksimalkan iklan dan promosi melalui platform instagram dan facebook dengan mengikuti perkembangan tren saat ini dan memanfaatkan kebijakan penukaran buah serta memaksimalkan pelayanan yang ramah dan responsif terhadap konsumen yang berbelanja online dan offline yang menjadipembeda dari competitor sejenis sehingga sulit untuk disaingi (b) menggunakan kualitas produk yang stabil untuk menyikapi perubahan tren dan preferensi konsumen yang dapat mendorong peningkatan daya tarik, kepercayaan konsumen serta penjualan mereka dalam pemasaran yang berbasis e-commerce

Hamid, P.P., Nuddin, A., & Toaha, S. (2022). Aplikasi Sistem Pemasaran E-Commerce Pada Pengembangan Agribisnis Kopi di Kabupaten Enrekang. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2). 73-85

Munawar, Kholil. 2009. E-Commerce. http://staff.uns.ac.id

Maulana, Shabur Miftah. 2015. “Implementasi E- Commerce Sebagai Media Penjualan Online/” Jurnal Administrasi Bisnis 29.1 (2015)

Naili Saadah. 2018. Perencanaan Keuangan Islam Sederhana dalam Bisnis E- Commerce pada Pengguna Online Shop. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 9 Nomor 1.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nugroho, A. (2006). E-Commerce: memahami perdangan modern di dunia maya (1st ed). Penerbit Informatika Bandung

Palupi, Eka Retno dan Raya Sulistyowati. (2022). “Pengaruh Digital Marketing Berbasis Marketplace terhadap Peningkatan Penjualan Ledre Super UMKM Perempuan di Bojonegoro.” Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 780-783

Pradiani, T. 2017. Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (Edisi 12). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Rangkuti, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot Rating dan OCAI (Cetakan 1). PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Cetakan Keduapuluh Empat. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Umum


Septriasih, A., & Aminudin, N. (2017) Implementasi E-Commerce Sebagai Media Promosi dan Penjualan Online Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian Di Wilayah Kabupaten Pringsewu, Jurnal Konfrensi Mahasiswa Sistem Informasi, 5(1), 25-31

Sunyoto, Danang. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Kalaba, Y., Erny, E., Khairunnisa, N. A., & Safitri, D. (2024). Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce pada Usaha Queen’s House di Kota Palu. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 31(2), 167 - 175. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v31i2.2170
Fulltext