Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merk Sebagai Variabel Moderasi

Article History

Submited : October 24, 2024
Published : August 22, 2025

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin pesat, yang ditandai dengan munculnya berbagai pelaku usaha baru. Kondisi ini menimbulkan persaingan ketat sehingga setiap pelaku bisnis dituntut mampu mempertahankan eksistensinya sekaligus mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian, serta peran citra merek baik sebagai variabel independen maupun variabel moderasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 75 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 3 dengan uji outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan lain menunjukkan bahwa citra merek sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, namun memperkuat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian.

Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (studi pada konsumen mebel madina di kota banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 9(2), 1-10.

Ariani, D. W. (2017). Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Ghalia Indonesia.

As’ad MH, Aji JMM. 2020. Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern Di Bondowoso. JSEP (Journal Soc Agric Econ. 13(2):182–199. doi:10.19184/jsep.v13i2.16441.

Augusty Ferdinan. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Baso RL, Anindita R. 2018. Analisis Daya Saing Kopi Indonesia. J Ekon Pertan dan Agribisnis. 2(1):1–9.
doi:10.21776/UB.JEPA.2018.002.01.1.
Chabibi, I., L. B. Hasiholan dan C. Harini. (2018). Pengaruh kualitas layanan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat pembelian sebagai intervening. J. of Management, 1(1), 1 – 14.

Dewi, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya. 1(2), 173–189.

Enggartyasto FH, Kusnandar, Sundari MT. 2020. Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Temanggung Di Coffee Shop Kota Surakarta. AGRISTA. 8(1):37–47.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 91-109.

Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone oppo di kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44-53.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternative dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: BP Undip. Semarang. ISSN 2289, 1560.

Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 4(2), 9–17.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Laora, S. E., Hidayati, T., & Asnawati, A. (2021). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness tehadap repurchase intention yang dimediasi oleh customer trust. Kinerja, 18(2), 304-313.

Nurikhsan F, Indrianie WS, Safitri D. 2019. Fenomena Coffe Shop Di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika. 9 (2):137–144.
doi:10.20884/1.WK.2019.9.2.1962.

Putri, R. A., & Mahargiono, P. B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Promosi Sebagai Variabel Intervening Pada Kedai Kopi Janji Jiwa Surabaya Cabang Royal Regal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(8).

Randang, W. (2013). Kualitas produk, atribut produk dan ekuitas merek pengaruhnya terhadap pembelian minyak goring. J. EMBA, 1(3), 701 -709.

Rohmah AN, Subari S. 2021. Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience. 1(3):548–562.
doi:10.21107/agriscience.v1i3.9129

Saefudin BR, Deanier AN, Rasmikayati E. 2020. Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL J Ilmu Pertan. 5(1):39.
doi:10.35329/agrovital.v5i1.637.

Safitri, H. K., Budiraharjo, K., & Mukson, M. (2022). Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Buah dan Sayur The Farmhill Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(3), 795-804.

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67-86.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798-807.
Pakanyamong, A., Amu, C. F., Yatim, H., & Saida, S. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merk Sebagai Variabel Moderasi. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 32(2), 101 - 108. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v32i2.2354
Fulltext