Pengaruh Kinerja Layanan Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Jawa Timur Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mitra Eksportir Pala
Article History
Submited : August 4, 2025
Published : December 22, 2025
Tujuan penelitian adalah (1) Menganalisis kinerja layanan BKHIT Jawa Timur (2) Menganalisis tingkat kepuasan mitra eksportir pala terhadap kinerja layanan BKHIT Jawa Timur dan (3) Menganalisis pengaruh kinerja layanan BKHIT Jawa Timur terhadap kepuasan dan loyalitas mitra eksportir pala. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling melibatkan 19 perusahaan dan 39 responden. Analisis data menggunakan IPA, CSI dan SEM-PLS. Hasil metode analisis IPA untuk menentukan skala prioritas yang akan diperbaiki oleh BKHIT Jawa Timur yaitu memperbaiki layanan terhadap eksportir, dengan cara memberikan pelatihan kepada pegawai terutama di bagian pelayanan operasional terkait dengan prosedur dan ketepatan waktu pemeriksaan dan pengetahuan teknis dalam pelaksanaan ekspor. Analisa CSI untuk mengukur tingkat kepuasan layanan, diperoleh angka rata-rata 87,83persen, yang menunjukkan pada kriteria sangat puas. Selanjutnya SEM-PLS yang menghasilkan nilai rata-rata loading factor: Kinerja (X): 0,777, kepuasan (Z): 0,896, loyalitas (Y): 0,867, sedangkan nilai Average Variance Extracted (AVE) pada indikator kinerja: 0,705, kepuasan: 0,806 dan Loyalitas: 0,752. Nilai rata-rata validitas diskriminan kinerja: 0,756, kepuasan: 0.709, loyalitas: 0,761, menunjukkan nilai valid dan sangat puas. Nilai tertinggi validitas diskriminan kinerja: 0,827, kepuasan: 0,968, loyalitas: 0,889. Sedangkan nilai reliabilitas komposit kinerja: 0,928, kepuasan: 0,946 dan Loyalitas: 0,921 yang menunjukkan nilai valid dan sangat puas. Pada uji R Square (
Atici, C. (2013). Food Safety Regulations and Export Responses of Developing Countries: The Case of Turkey's Fig and Hazelnut Exports. Food and Agriculture Organization (FAO).
Efendi, M. Y. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Agrowisata Sawah Sumber Gempong, Mojokerto. Jember: Universitas Negeri Jember.
Ervina, E., Ferdinand, F., & Meitiana, M. (2023). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Pos Indonesia Kantor Pos Palangka Raya. Edunomics Journal, 4(2), 144-166.
Ghozali, Imam, (2016), Model Persamaan Struktural, Koncep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24, edisi 7. Semarang, Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Cham: Springer Nature.
Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2024). Rencana Strategis Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Jawa Timur Tahun 2024. Retrieved from https://ppid.karantinaindonesia.go.id/doc/36/Renstrapersen20BKHITpersen20Jatimpersen202024.pdf.
Manurung, C. R., Rosida, R., & Sarwoto, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus pada Follower Instagram Scarlett. Management And Business Progress, 3(1), 94-106.
Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-Performance Analysis (IPA). Journal of Marketing, 41(1), 77-79. Retrieved from https://doi.org/10.2307/1250495
Nurhalizah, S. (2023). Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square Pada Kinerja Pegawai PT Bank Pembangunan Daerah Jambi (Doctoral dissertation, Fakultas Sains Dan Teknologi).
Nurohmah, E. A., & Ulinnuha, M. A. (2025). Pengaruh Responsivitas Petugas, Transparansi Biaya, Kejelasan Prosedur dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Eksportir Dan Importir di Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 76-85.
Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64, 12-40. Retrieved from
https://www.researchgate.net/publication/200827786
Prasetyo, J. A. (2016). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index (Studi kasus pada Kantor Pos Processing Center Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Rivai, N. I. (2023). Manajemen Pelayanan Publik: Efisiensi dan Responsivitas Birokrasi. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Samhina, L. N. (2023). Daya Saing Biji Pala Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 28(2), 209-221. Retrieved from
https://doi.org/10.18343/jipi.28.2.209
Violani, V. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan pada Kedai Skuy Burgerin di Bukittinggi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.