Pengaruh Perilaku Penyadap Terhadap Efektivitas Kerja Penyadap di PT. Perkebunan Nusantara IX Batujamus Karanganyar

Article History

Submited : August 23, 2020
Published : March 25, 2021

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap dan keterampilan penyadap terhadap efektivitas kerja penyadap di PT. Perkebunan Nusantara IX Batujamus Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Febuari – 23 Maret 2020 di PT. Perkebunan Nusantara IX Batujamus Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penentuan sampel yang digunakan dengan cara teknik simple random sampling. Jumlah sampel dipenelitian ini adalah sebanyak 75 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa pengetahuan, sikap dan keterampilan termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase pengetahuan 78,7%, sikap 73,3%, keterampilan 80%, dan efektivitas kerja 80%. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda bahwa pengetahuan, sikap dan keterampilan secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas kerja penyadap dan secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan untuk pengietahuan, sikap dan keterampilan. Ketiga faktor tersebut mempengaruhi efektivitas kerja. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan perlu meningkatkan keterampilan penyadap melalui pelatihan-pelatihan agar penyadap dapat menambah ilmu baru tentang penyadapan sehingga menghasilkan getah karet yang lebih baik.

Azwar, S. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Liberty, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik, 2018. Statistik Karet Indonesia. BPS, Jakarta.

Endra, J.L., Taringan, I. dan Syawaluddin. 2019. Analisis pengaruh lingkungan kerja dan karakteristik individu terhadap efektivitas kerja karyawan PT. Kencana Inti Perkasa Medan. J. Bisnis Kolega. 5(1): 42-52.

Fadhilah, M. L., B.T. Eddy., dan S. Gayatri. 2018. Pengaruh tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan penerapan sistem agribisnis terhadap produksi pada petani padi di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. J. Sosial Ekonomi Pertanian. 2(1): 39-49.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasibuan, M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Iverson. 2001. Keterampilan Dasar. PT. Grapindo Persada, Jakarta.

Prasetyo, A. S. dan T. P. G. Agustina. 2019. Implementasi manajemen pelatihan guna meningkatkan kinerja karyawan di PT. Tunas Agro Persada, Demak. J. Agroland. 26(3): 241-251.

Sari, L., B. Asyik dan D. Miswar. 2014. Karakteristik sosial ekonomi kepala keluarga yang bertempat tinggal di Kelurahan Kaliawi. J. Penelitian Geografi. 2(4): 1-9.

Sarwoko, E. 2007. Peranan faktor individu, budaya organisasi dan perilaku kerja terhadap kinerja karyawan Radio Swasta Nasional di Malang. J. Ekonomi Modernisasi. 3(1): 12-27.

Sedarmayati. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju, Bandung.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Simanjuntak, V., Gayatri, S., & Prasetyo, A. S. (2021). Pengaruh Perilaku Penyadap Terhadap Efektivitas Kerja Penyadap di PT. Perkebunan Nusantara IX Batujamus Karanganyar. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 28(1), 43 - 51. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v0i0.505
Fulltext