Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Organik Di Kota Palu

Article History

Submited : February 9, 2021
Published : April 25, 2019

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh atribut harga, kesempurnaan fisik, dan kesegaran sayuran organik terhadap pembelian sayuran organik di Kota Palu.  Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang, penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling kuota. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Analisis Path atau Analisis Jalur.  Hasil Analisis Path menunjukkan bahwa faktor-faktor harga, kesempurnaan fisik dan kesegaran sayuran menjadi preferensi konsumen dalam membeli sayuran organik di Kota Palu.  Ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap pembelian sayuran organik di Kota Palu. Variabel harga, kesempurnaan fisik dan kesegaran sayuran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel pembelian sebesar 76,3% atau R² = 0,763 dan dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti sebesar 0,237 (23,7%).

Dahlan, 2015. Metode Sampling Aksidental. https://www.eurekapendidikan.com /2015/09/defenisi-sampling-dan-teknik-sampling.html.Diakses 2 Mei 2018.

Haryani, A.L., 2016. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Bebas Residu Pestisida. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Lisarini, E., 2017. Atribut Manisan Buah Basah Cianjur Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen. Jurnal Agroscience Vol 7 No. 2 Tahun 2017.

Reza, R., 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra terhadap Keputusan dan Kepuasan Konsumen Membeli Mobil Honda CRV di Kota Palu. Universitas Tadulako, Palu.

Simfoni, D., 2014. Uji Asumsi Klasik. https://dawaisimfoni.wordpress.com/karya-tulis-ilmiah-2/metodologi-penelitian/pengujian-asumsi-klasik-model-regresi/.Diakses Agustus 2018.

Sugiato, 2002. Teknik Sampling. Pustaka Umum Gramedia. Jakarta.

,2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Thio S., 2008. Persepsi Konsumen terhadap Makanan Organik di Surabaya.Jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/viewFile/18420/18237. Diakses 20 Desember 2017.

Widyastuti, P, 2017. Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.2. https://www. researchgate.net/publication/326778666_Kualitas_dan_Harga_sebagai_Variabel_Terpenting_pada_Keputusan_Pembelian_Sayuran_Organik. Diakses 29 November 2018
Hasan, H., Muis, A., & Christoporus, C. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Organik Di Kota Palu. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 26(1), 39- 48. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v26i1.733
Fulltext