Analisis Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Desa Jalajja Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur

Article History

Submited : February 17, 2021
Published : June 24, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi pendapatan rumah tangga petani padi sawah dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kemiskinan rumah tangga petani padi sawah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Analisis headcount index, Analisis Poverty Gap, Analisis Distribusi Pendapatan dan Analisis Regresi. Tingkat kemiskinan rumah tangga petani padi sawah di Desa Jalajja Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur dapat dilihat berdasarkan nilai indeks keparahan kemiskinan sebesar 74,5 % artinya proporsi rumah tangga petani padi sawah yang hidup diatas garis kemiskinan lebih tinggi atau rumah tangga miskin lebih rendah dibandingkan dengan proporsi rumah tangga yang hidup diatas garis kemiskinan atau tidak miskin. Distribusi pendapatan dengan melihat nilai Gini ratio yaitu sebesar 0,094 yang menandakan bahwa ketimpangan kemiskinan di daerah penelitian tergolong sangat rendah. Hasil Analisis Regresi diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 74,8 % dengan faktor Tingkat kemiskinan dipengaruhi secara signifikan oleh variabel pendapatan rumah tangga sebesar 3,771 %, Sedangkan variabel umur kepala rumah tangga dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh tidak nyata terhadap tingkat kemiskinan.

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta
BPS, 2017. Kabupaten Luwu Timur Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

BPS, 2018. Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan

BPS, 2019. Kabupaten Luwu Timur Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur

BPS, 2019. Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan

Fulgsang S, 2013. Determinants of Income Inequality : Sub-Saharan Perspective, Thesis. Aarhus.

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. UIN-Malang Pers. Malang

Pitojo, 2006.Budidaya Tanaman Padi Sawah. PT. Gramedia. Jakarta

Pusdatin.2013. Buletin PDB Sektor Pertanian. Buletin (2).

Putri , A. D dan Nyoman, D.S, 2013. Pengaruh Umur, Pendidikan, Pekerjaan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Miskin di Desa Bebandem. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana 2 (4).

Rahman,. A dan M. Fiqram, Alamsyah, 2019. Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Konsumsi Terhadap Kemiskinan Masyarakat Migran Di Kota Makassar, jurnal ecces Volume 6 (1).

Soekartawi, 2003. Teori Ekonomi Produksi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sukirno, S. 2006. Ekonomi Mikro. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Todaro M, P. dan Smith S. C. 2006. Pembangunan Ekonomi, Erlangga. Jakarta
Paidil, N., Muis, A., & Damayanti, L. (2021). Analisis Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Desa Jalajja Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 28(1), 81 - 89. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v28i1.741
Fulltext