Prioritas Strategi Pengembangan Serat Rami (Boehmeria nivea proper) Jenis Ina Grass di Kabupaten Wonosobo

Article History

Submited : June 24, 2021
Published : September 2, 2021

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prioritas strategi dalam pengembangan produk serat rami ina grass di Kabupaten Wonosobo. Informasi mengenai prioritas strategi ini merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan kemajuan perkembangan produk dan mengembangkan potensi serat rami sebagai salah satu produk unggulan daerah khususnya di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif untuk mengekplorasi permasalahan dari segi faktor internal eksternal dan memetakan prioritas strategi dari beberapa alternatif strategi yang terkait. Eksplorasi dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap tiga orang informan kunci dan wawancara terstruktur terhadap enam orang informan pendukung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Matriks QSP (Quantitative Strategic Planning). Secara garis besar hasil studi yang didapatkan dari hasil Matrix QSP diperoleh tiga strategi yang mempunyai nilai tertinggi yaitu memberikan pelatihan terhadap tenaga kerja agar lebih terampil, menggunakan teknologi modern dan meningkatkan promosi produk jadi dari serat rami ina grass agar dikenal oleh masyarakat luas.

David, Fred R. (2011) Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Jakarta.

Nurul, Hidayati. (2016) Strategi Agroindustri Teh Tin (Ficus Carica) di CV. Hafisa Kabupaten Klaten.

Rahardjo, Susilo, dan Gudnanto, 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Test. Kudus : Nora Media Enterprise.
Siagian, R. 2003. Pengantar Manajemen Agribisnis. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tamara, Isabela. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Produk Teh Celup Rosela (Hibiscus Sabdariffa L.) Ud. Bali Gendis, Klungkung.

Willy, Putranto. (2019). Kelayakan Finansial dan Strategi Pengembangan Agroindustri Sabut Kelapa CV Sumber Sari di Desa Lembengan Kecamatan Ledokondo Kabupaten Jember.
Wicaksono, I. A., Windani, I., & Erny, E. (2021). Prioritas Strategi Pengembangan Serat Rami (Boehmeria nivea proper) Jenis Ina Grass di Kabupaten Wonosobo. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 28(2), 197 - 203. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v28i2.806
Fulltext