Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di The Farmhill Kota Semarang

Article History

Submited : July 19, 2021
Published : September 1, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen  dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan di Perusahaan The Farmhill kota Semarang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa The Farmhill merupakan Perusahaan yang bergerak dalam produksi buah dan sayur yang berada di Kota Semarang. Metode penelitian dilakukan menggunakan metode studi kasus di Perusahaan The Farmhill Semarang. Responden Penelitian di tentukan secara accidental sampling sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner skala likert. Metode analisis data digunakan dengan analisis Important Performance Analysis (IPA) dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Variabel yang diamati adalah variabel produk dan pelayanan. Karakteristik responden penelitian ini adalah laki-laki sebanyak 22 Jiwa dan Perempuan 78 Jiwa. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 22 Jiwa dan Perempuan 78 Jiwa, mayoritas konsumen berusia 28 - 37 tahun sebesar 39% dan  tingkat pendidikan didominasi S1 sebesar 48%. Hasil analisis IPA pada variabel produk bahwa atribut yang ditingkatkan ada 2 atribut yaitu atribut daya tahan dan pengemasan dan atribut yang dipertahankan ada 2 yaitu kinerja dan reabilitas. Pada variabel pelayanan atribut yang ditingkatkan ada  2 atribut yaitu atribut  reability dan responsivness dan atribut yang dipertahankan ada 3 yaitu tangibles, emphaty, assurance. Hasil Perhitungan CSI variabel adalah nilai CSI variabel produk sebesar 83,09% (sangat puas) dan nilai CSI variabel pelayanan sebesar 84,42% (sangat puas). 

 

Aritonang, R. L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Gramedia. Jakarta.

Chandra, G. 2012. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta.

Gandhy, A. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Dunkin Donuts Gading Serpong. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik. 2(2): 135–146.

Griselda, G. dan T.M. Panjahitan. 2012. Analisis Kulaitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen. 2(1): 10-32.

Oktaviani, R.W. dan R. N. Suryana. 2006. Analisis kepuasan pengunjung dan pengembangan fasilitas wisata agro (Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor). Jurnal Agro Ekonomi. 24(1): 41-58.

Rangkuti, F. 2003. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur & Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN JP. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sukardi dan C. Candrawati. 2006. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Corned Pronas Produksi PT. CIP Denpasar Bali. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 18 (2): 106-117.

Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi II. Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2015 dan G. Candra. 2015. Pemasaran Strategi. Edisi IV. Andi.Yogyakarta.
Sidebang, I., Mukson, M., & Budiraharjo, K. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di The Farmhill Kota Semarang. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 28(2), 177 - 185. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v28i2.942
Fulltext