Analisis Komoditas Basis Sub Sektor Tanaman Pangan di Kecamatan Buko Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan

Article History

Submited : September 8, 2021
Published : April 26, 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk: a). mengetahui komoditas basis dan non basis sub sektor tanaman pangan di Kecamatan Buko Selatan. b). mengetahui perubahan peranan komoditas basis dan non basis sub sektor tanaman pangan di Kecamatan Buko Selatan dan c). mengetahui pertumbuhan dan daya saing komoditas sub sektor tanaman pangan di Kecamatan Buko Selatan. Metode penelitian antara lain: Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah a). analisis Location Quotient. b). analisis Dynamic Location Quotient dan c). analisis Shift Share. Hasil Analisis a). analisis Location Quotient terdapat dua jenis komoditas basis yakni, komoditas kacang tanah dengan rata-rata nilai LQ 2,64 dan ubi jalar dengan rata-rata LQ 1,01. b). Analisis Dynamic Location Quotient terdapat dua jenis komoditas yang diharapkan menjadi basis dimasa yang akan datang yakni, komoditas kacang tanah dengan rata-rata nilai DLQ 4,59 dan ubi jalar dengan rata-rata DLQ 1,40. c). analisis gabungan Location Quotient dan Dynamic Location Quotient bahwa komoditas kacang tanah dan ubi jalar tetap menjadi komoditas basis dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Sebaliknya, komoditas jagung dan ubi kayu juga tetap menjadi komoditas non basis dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Hasil analisis Shift Share adalah: a). pertumbuhan proporsional (PP) bahwa semua komoditas sub sektor tanaman pangan bernilai PP positif. b). Pertumbuhan Pangsa Wilayah (PPW) bahwa komoditas jagung bernilai PPW positif. Sebaliknya, komoditas komoditas kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar bernilai PPW negatif.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, 2018. Kabupaten Banggai Kepulauan Dalam Angka 2018. BPS Provinsi Sulawesi Tengah. Sul-Teng.

Daryanto, Arief dan Yundy Hafizrianda. 2010. Model-Model Kuantitatif Untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. Bogor : IPB Press

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sulawesi tengah, 2018. Laporan Tahunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sulawesi Tengah 2017. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sulawesi tengah. Provinsi Sulawesi tengah.

Muslihat E. J dan Saridewi T.R. 2007. Kajian Aspek Ekonomi Komoditas Unggulan di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Jurnal Penyuluhan Pertanian. Vol. 2, No. 1. Hal: 6-15

Oktavia, Zalika, et all. 2015. Sektor Pertanian Unggulan Di Sumatera Selatan. Jurnal Agraris. Vol 1 No 2. Hal: 62-69

Safrizal, Alvian dan Osmar Shalih. 2013. Aplikasi Metode Location Quotient (LQ) Dalam Penentuan Komoditas Palawija Unggulan Pada Provinsi Termuda NKRI: Sulawesi Barat.(Diakses 7 Maret 2016)

Saharudin, S., 2006. Analisis Ekonomi Regional Sulawesi Selatan. Jurnal Widyaswara Vol 3 No.1. Hal:11-24. BPSDM. Sulawesi Selatan.

Syahfrizal. 1997. Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Regional Wilayah Indonesia Bagian Barat. LP3ES, Prisma, No. 3 (3): Hal. 27-36.

Syam, H., dan Ma’arif, M.S. (2004). Kajian Perlunya Kebijakan Pengembangan Agroindustri Sebagai Leading Sector. Jurnal Agrimedia, No. 9 (1): Hal. 32-39.

Todaro, M. P. dan S. C. Smith. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Widodo, T., 2006. Perencanaan Pembangunan: Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah). UPPSTIM YKPN. Yogyakarta
Hamsir, H. M., Hadayani, H., & Lamusa, A. (2019). Analisis Komoditas Basis Sub Sektor Tanaman Pangan di Kecamatan Buko Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 26(1), 76 - 85. https://doi.org/10.22487/agrolandnasional.v26i1.981
Fulltext