STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI PADA ‘ANUGRAH BAKERY’ KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU

Article History

Submited : September 15, 2021
Published : September 15, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang tepat untuk usaha roti Anugrah Bakery di Kecamatan Palu Timur, Kota Palu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara langsung. Data dianalisis dengan matriks IFE/EFE, analisis IE dan analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman). Hasil analisis matriks internal dengan nilai 2.74 dan matriks eksternal dengan nilai 3.39, yang artinya usaha roti Anughrah Bakery berada pada posisi tumbuh dan bina. Berdasarkan hasil analisis penentuan strategi pada usaha roti Anugrah Bakery diperoleh hasil yaitu: (1) Membuka outlet khusus untuk usaha roti Anugrah Bakery, (2) Memanfaatkan perkembangan teknologi dalam rangka memaksimalkan bentuk kemasan dan varian rasa roti, (3) Melakukan promosi secara fisik ataupun melalui media.

Adisarwanto. Roti adalah Proses Adonan yang di Fermentasi kemudian di Panggang. [Book]. – Jakarta : Penebar Swadaya, 2000.
Afridhal. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalangka Kabupaten Biruen. [Journal] – Aceh: Jurnal S. Pertanian, 2017. – Vols. 1, No 3, Hal. 223-233.

Firdaus, M. Manajemen Agribisnis. [Book]. – Jakarta : PT Bumi Aksara, 2007.

Lianti S, et al. Maksimalisasi Keuntungan Usaha Roti dan Brownies pada Industri “Syraiah Bakery” di Tanamodindi Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. [Journal]. – Palu: Jurnal Agrotekbis, 2017. – Vols. 5, No.1, Hal. 36-45.

Ningsih. Strategi Pemasaran Roti Bakar Jamin Halal Nikmat (JHN) Wangi Madu Studi Kasus Desa Sepuk Tanjung Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas. [Journal]. – Sambas: Jurnal Social Economic of Agriculture, 2018. – Vols. 7, No. 1, Hal. 92-99.

Tri AN. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti pada Bagas Bakery, Kabupaten Kemdal. [Skripsi]. – Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, 2009.
Dewi, Y., Hadayani, H., & L. Br Manurung, D. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI PADA ‘ANUGRAH BAKERY’ KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(4), 786 -795. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1009
Fulltext