PENGARUH KOMBINASI LARUTAN AB MIX DENGAN POC URIN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium cepa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT

Article History

Submited : September 24, 2021
Published : June 30, 2021

Bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang hampir setiap hari digunakan sebagai bumbu penyedap masakan meskipun tidak dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Selain dibutuhkan sebagai bahan penyedap masakan, kandungan gizi bawang merah juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol serta dapat mencegah penyakit kanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi larutan AB mix dengan POC urin sapi terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah varietas Lembah Palu pada sistem hidroponik substrat. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako, Palu. Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pengelompokkan berdasarkan berat umbi, dengan 6 perlakuan dan diulang 3 kali, sehingga secara keseluruhan terdapat 18 unit percobaan. Perlakuan yang memberikan hasil yang nyata di uji lanjut menggunakan uji beda nyata jujur (BNJ) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian larutan AB mix 5 ml/liter air tidak berbeda nyata dengan pemberian kombinasi larutan AB mix dengan POC urin sapi kecuali pemberian POC urin sapi 5 ml/liter air yang memberikan hasil terendah terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar akar, berat kering akar, berat segar daun, berat kering daun, rata-rata diameter umbi, jumlah umbi per rumpun, berat segar umbi per rumpun dan berat kering umbi per rumpun.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2017. Provinsi Sulawesi Tengah Dalam Angka. BPS Provinsi Sulawesi Tengah. Palu.

Bari, Z.F., M. Bintoro dan N.B.E. Sulistyono, 2017. Pengaruh konsentrasi dan interval pemberian urin sapi fermentasi terhadap pertumbuhan bibit tebu (Saccharum officinarum L.) metode single bud planting (SBP). Agriprima 1(2):148-157.

Febriyono, R., Y.E. Susilowati dan A. Suprapto, 2017. Peningkatan hasil tanaman kangkung darat (Ipomoea reptans, L.) melalui perlakuan jarak tanam dan jumlah tanaman per lubang. Jurnal Ilmu Pertanian Tropika dan Subtropika 2(1):22–27.
Fitriani, 2017. Respon Pertumbuhan Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) Varietas Granola Secara Kultur Tunas dengan Kombinasi Nutrisi AB Mix dan Pupuk Organik Cair. [Skripsi]. Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto.

Furoidah, N., dan E.S. Wahyuni, 2017. Peningkatan hasil sayuran lokal kabupaten lumajang di lahan terbatas. Jurnal Ilmu Pertanian, Kehutanan dan Agroteknologi 17(2):7-20.

Indriasti, R., 2013. Analisis Usaha Sayuran Hidroponik Pada PT Kebun Sayur Segar Kabupaten Bogor. [Skripsi]. Jurusan Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Istiqamah, A., Rauf A dan Aiyen, 2016. Respon varietas tanaman sawi (Brassica juncea L.) terhadap larutan hara (AB mix) pada sistem hidroponik. E-J. Agrotekbis 4(4):374–383.

Kaunang, G.S., M.Y. Memah dan R.M. Kumaat, 2016. Persepsi masyarakat terhadap tanaman hidroponik di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. AgriSosioEkonomi Unsrat 12(2):283-302.

Lasmini, S.A., I. Wahyudi, B. Nasir dan Rosmini, 2017. Pertumbuhan dan hasil bawang merah Lembah Palu pada berbagai dosis pupuk organik cair biokultur urin sapi. J. Agroland 24 (3) :199 – 207.

Marginingsih, R.S., A.S. Nugroho dan M.A Dzakiy, 2018. Pengaruh substitusi pupuk organik cair pada nutrisi AB mix terhadap pertumbuhan caisim (Brassica juncea L.) pada hidroponik drip irrigation system. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 5(1): 44-51.

Oktarina, D.O., Armaini dan Ardian, 2017. Pertumbuhan dan produksi stroberi (Fragaria Sp) dengan pemberian berbagai konsentrasi pupuk organik cair (POC) secara hidroponik substrat. Jom Faperta UR 4(1): 1-12.

Patima, S., S. Samudin dan R. Yusuf, 2014. Pertumbuhan dan hasil tanaman sawi (Brassica juncea L.) yang tumbuh pada berbagai media tanam dan pemberian pupuk organik cair. J. Agroland 21(2):86-94.
Prihmantoro, H dan Y.H. Indriani, 2005. Hidroponik Sayuran Semusim Untuk Bisnis Dan Hobi. Cetakan, Penebar Swadaya, Jakarta. 60 hal.

Purwanto, 2005. Pengaruh Konsentrasi dan Frekuensi Pemberian Larutan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada (Lactuca sativa) Secara Hidroponik. [Skripsi]. Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jember. Jember.

Rahayu, S., Elfarisna, dan Rosdiana, 2016. Respon pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) dengan penambahan pupuk organik cair. Jurnal Agrosains dan Teknologi, 1(1):7-18.

Raihan, M.N.A., 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Pakchoy (Brassica chinensis L.) pada Berbagai Konsentrasi Pupuk AB mix dan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Teknik Hidroponik. [Skripsi]. Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin. Makassar.

Rizal, S., 2017. Pengaruh nutrisi yang diberikan terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa L.) yang ditanam secara hidroponik. Jurnal Sainmatika 14(1):38-44.

Septiani S., 2018. Pengaruh Pemberian Urine Sapi Sebagai Larutan Hara Terhadap Produktivitas Tanaman Sayuran Hidroponik. [Skripsi]. Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sundari, I. Raden dan U. S. Hariadi, 2016. Pengaruh POC dan AB mix terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakchoy (Brassica chinensis L.) dengan sistem hidroponik. Magrobis Journal 16(2):9-19.

Sutedjo, M.M, 2010. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta. 177 hal.

Sutiyoso, Y., 2003. Meramu Pupuk Hidroponik: Tanaman Sayuran, Tanaman Buah, Tanaman Bunga. Cetakan I, Penebar swadaya. Jakarta. 121 hal.

Tandi, O.G., J. Paulus dan A. Pinaria, 2015. Pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium ascalonicum L.) berbasis aplikasi biourine sapi. Eugenia 21(3):142-150.
Wahida, M. Antara dan R.A. Rauf, 2015. Efisiensi penggunaan input produksi pada usahatani bawang merah varietas Lembah Palu di Desa Bulupountu Jaya Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi (studi kasus di Desa Bulupountu Jaya, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi). J. Agroland 22(1):57-68.

Warman, Syawaluddin dan I.S Harahap, 2016. Pengaruh perbandingan jenis larutan hidroponik dan media tanam terhadap pertumbuhan serta hasil produksi tanaman sawi (Brassica juncea. L.) drif irrigation system. Jurnal Agrohita 1(1):38-55.

Yuliantika, I., dan N.K. Dewi, 2017. Efektivitas Media Tanam dan Nutrisi Organik dengan Sistem Hidroponik Wick pada Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Simbiosis II, Madiun, 30 September.
Renaldi, R., Anshar, M., & Yusuf, R. (2021). PENGARUH KOMBINASI LARUTAN AB MIX DENGAN POC URIN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium cepa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(4), 834 -846. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1022
Fulltext