STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA ROTI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA AISYAH BAKERY DI KOTA PALU

Article History

Submited : September 28, 2021
Published : June 30, 2021

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat pendapatan usaha roti pada industri rumah tangga Aisyah Bakery dan bagaimana strategi yang tepat untuk diterapkan dalam peningkatan pendapatan usaha roti pada industri rumah tangga Aisyah Bakery di Kota Palu. Penelitian ini dipilih secara sengaja (purpossive). Jumlah responden 10 orang yang terdiri  dari 1 pimpinan industri, 2 orang tenaga kerja, 1 orang pedagang perantara, 4 orang konsumen, dan 2 orang pegawai perindagkop Kota Palu. Analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan dan analisis SWOT. Pendapatan diperoleh sebesar Rp. 5.474.887,-. Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 3,24 dengan skor kekuatan 1,35 dan skor kelemahan sebesar 1,89, sedangkan total nilai yang diperoleh tabel EFAS yaitu sebesar 3,29 dengan skor peluang 2,33 dan skor ancaman sebesar 0,96. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal strategi peningkatan pendapatan usaha roti pada industri rumah tangga Aisyah Bakery sebagi sumbu X yaitu -0,54, sedangkan faktor eksternal pada industri rumah tangga Aisyah Bakery sebagai sumbu Y yaitu 1,37. Strategi peningkatan pendapatan yang tepat untuk usaha roti pada industri rumah tangga Aisyah Bakery adalah strategi WO.

 

Alicia, 2012. Pengendalian Persediaan Bahan Baku. http://koleksiskripsi.blogspot.com 2012/04.html. Diakses pada Tanggal 28 Agustus 2018.

Arumdyan K. 2011. Home Industri. http://arumdyankhumalasari.Wordprees. com/2011/04/16/home-industri. Diakses tanggal 28 Desember 2018.

Bayu Purnomo, 2012. Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Keripik Pisang di Kecamatan Tawamangu Kabupaten Karanganyar. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Vol 12 (1) : 58 – 69

Firdaus, M. 2010. Manajemen Agribisnis. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Lutfia W, 2011. Strategi Pengembangan Usaha.http://lutfiawulandari.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 21 Desember 2018.

Rangkuti, 2009. Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Gramedia. Jakarta.

Ratih Indriyani, 2017. Strategi Pengembangan Usaha Pada Populer Bakery di Sidoarjo. Universitas Kristen Petra. Surabaya. Jurnal Agora. Vol 4 (1).

Trustinah, 2005. Roti Bakery. Malang.

Yantu, M. R, 2012. Analisis SWOT Penentuan Rating Menggunakan Metode Obyektif. Pasca Sarjana Untad. Palu.

Yulia, Fatimah., Ediwirman. 2013. Produk Bakery Merupakan Roti Makanan Cemilan Buat Bersantai. Universitas Tamansiswa. Padang. Jurnal Agronomi Vol. 13 : 13-20
Huraerah, N., Alam, M., & Tangkesalu, D. (2021). STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA ROTI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA AISYAH BAKERY DI KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(4), 856 - 865. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1025
Fulltext