RESPON TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) TERHADAP SUPER BIOTA PLUS SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR

Article History

Submited : November 2, 2021
Published : October 29, 2021

Penelitian dilaksanakan di Kebun Percontohan Fakultas Pertanian Kampus II Universitas Kristen Indonesia Toraja, di Kakondongan, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara. Tempat penelitian berada pada ketinggian 750 m dpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon tanaman stroberi (Fragaria sp.) terhadap pupuk organik cair super biota plus (SBP). Penelitian menggunakan percobaan factor tunggal disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 4 taraf dosis SBP dan ulangan tiga kali. Empat taraf dosis (ml/tanaman ) SBP yang di cobakan berturut-turut 0, 10, 20, dan 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi dosis pupuk SBP yang digunakan semakin tinggi juga semua variabel respon tanaman yang diukur. Pada aplikasi SBP dengan dosis 30 ml/tanaman (dosis tertinggi) memberikan hasil terbaik variabel respon tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah buah, bobot per buah, bobot buah per tanaman, dan diameter buah.

Balitjestro [Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika], 2008. Stroberi. Batu: Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika.
http:// www.balijestrosubtropika.com.
[22 Februari 2013].

Eva N. 2014. Pengaruh Lingkungan Tumbuh yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Buah Stroberi (Fragaria x ananassa Duch) secara Hidroponik. [Skripsi] Bogor, Institut Pertanian Bogor.

Halvin JL, Beaton JD, Tisdale SL, Nelson WL. 2008. Soil Fertility and Fertilizer. New Jersy : Pearson Prentice Hall.

Hardjowigeno S. 2010. Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Preesindo.

Kristanti, 2010. Pengaruh Lingkungan Tumbuh Yang Berbeda Tehadap Kualitas Buah Stroberi. Skripsi. Duplikasikan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nursyamsi DJ, S Adiningsih, Sholeh dan A Adi. 2008. Penggunaan Bahan Organik untuk Meningkatkan Efisiensi N pada Ultisol Sitiung Sumbar. Jakarta: Dalam siding Proseding Kongres Nasional VII HITI.

Sitompul, S. M dan B. Guritno. 1995. Analisis pertumbuhan tanaman. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press. 421 hal.
Pata’dungan, A., Vonnisye, V., & Amba Linggi, D. M. (2021). RESPON TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) TERHADAP SUPER BIOTA PLUS SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(5), 1090 - 1097. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1068
Fulltext