ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN COKELAT COMPOUND DI UKM BANUA COKELAT PALU
Article History
Submited : November 18, 2021
Published : October 29, 2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan cokelat coumpound diaantaranya pengaruh dari produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan cokelat coumpound di UKM Banua Cokelat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019 di UKM Banua Cokelat jln. Otista No.70. Pemilihan tempat penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa UKM Banua Cokelat merupakan UKM yang memiliki eksistensi dalam memproduksi olahan Cokelat di Kota Palu. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian menunjukkan Secara simultan (Uji F) volume penjualan berpengaruh nyata terhadap variabel produk, harga, promosi dan distribusi.Sedangkan secara parsial (Uji t) variabel produk dan promosi berpengaruh nyata terhadap volume penjualan di UKM Banua Cokelat, sedangkan variabel harga dan distribusi berpengaruh tidak nyata terhadap Volume penjualan di UKM Banua Cokelat.
Ashari, O. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Frozen Food KML Food. Jurnal ilmu dan riset manajemen. Vol.6, no.1. Hal 7.
Astati dan Nurwahidah (2013), Analisis Pengaruh Kebijakan Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Daging Kaleng pada PT.Pelita Makmur Makassar. (diakses 24 maret 2019)
Basu Swastha, DH dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Basu Swastha. 2002. Azas-Azas Marketing. Edisi 3. Liberty: Yogyakarta.
Dapartemen Perindustrian, 2018. Gambaran sekilas Industri Kakao. Dapertemen Perindustrian, Palu. Hal 5-8
Dina Fitriyani (2014), Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Makanan kaleng Merk Sarden. (diakses 24 maret 2019)
Fajar, W (2009). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan pada CV MYTRON di Wilayah Panjang Surakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Hal 8.
Fitriyono, D., dan Khuzani. (2014). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen, 3(11), 13
Husein Umar, 2006, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Irfan, M, N (2017), Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains manajemen Vol.1, No.1 halaman. 1-12
Karim, D., Sepang, J. L., Lumanauw, B., dan Lamanauw, B. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Grup. Jurnal EMBA, 2(1).
Kottler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid. Jakarta: Erlangga.
Kottler., P, dan Amstrong, G. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prentice Hall-inc.
Kurniawan. (2014). Pengembangan Stategi Pemasaran Produk Banua Cokelat pada industri Rumah Tangga Sa’adah Agency. Hal 9.
Kuswaraarak (2010), Analisis Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan Nata de Coco Ukuran 220 Gr pada PT. Keong Nusantara Abadi Natar Lampung Selatan. Jurnal sains dan inovasi Vol 6. No. 1 Hal 35-38
Ningrum, W. S., dan Harti. (2012). Pengaruh kebijakan produk dan promosi terhadap volume penjualan pengrajin sepatu di kecamatan Medan Denai Medan. Jurnal Visi, 20(1).S
Malik, Z. N. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan notebook merek Acer pada CV . Galaksi Komputer di Samarinda. eJurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 821–831.
Mulato, s., Widyotomo, s., Minawi dan Suharyanto, E., 2005. Petunjuk Teknis Pengelolahan Produk Primer Dan Sekunder Kakao. Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia, Jember.
Rachmawati R, 2011. Peran Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap peningkatan peningkatan penjualan (Sebuahkajian terhadap Bisnis Restoran), Semarang. Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2 Hal : 143-150
Stanton,William J 1993. Prinsip pemasaran, Terjemahan Yohanes Lamarto, S.E Edisi 1, Penerbit Erlangga Jkt : 2008
Sulistyowati, Atmawinata, O., Sri-MulatodanYusianto. 2014. Pemanfaatan Limbah Bubur Pulp Kakao Untuk PembuatanN ata Kakao.Pelita Perkebunan. Vol. 14 (1) : 63-75.
Sunyoto D. (2012). Dasar Dasar Manejemen Pemasaran. Yogyakarta: Caps.
Sunny T.H.Goh, Khoo Kheng-Hor.2003. Marketing Wise. PT Bhuana Ilmu Populer. Jakarta
Thamrin, A., dan Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Press.
Tambajong, G. (2013). Bauran pemasaran pengaruhnya terhadap penjualan sepeda motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 1291–1301.
Tjiptono, F. (2012). Manajemen jasa. Jakarta: Andi.
Wijayanti Erin, 2008. Analisis Efek Promosi Penjualan dan Iklan terhadap Hasil
Penjualan Telur, Malang.