ANALISIS PENENTUAN KOMODITI BASIS BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : November 18, 2021
Published : October 29, 2021

Keywords:

Tujuan Penelitian ini untuk (1) Mengetahui Komoditi yang menjadi basis pada tanaman buah-buahan di Kabupaten Donggala, (2) Mengetahui perubahan posisi yang terjadi pada komoditi basis dan non basis tanaman buah-buahan di Kabuapten  Donggala di masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2019. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari Dinas Pangan, Hortikultura, dan perkebunan Kabupaten Donggala dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2013-2017. Analisis yang digunakan yaitu analisis Location Quotient (LQ) dan Dynamic Location Quotient (DLQ). Hasil dari analisis LQ menunjukkan bahwa Komoditi buah-buahan yang tergolong basis adalah komoditi durian, jambu biji, nangka, nenas, pisang, rambutan, salak, sirsak, dan sukun dengan nilai rata-rata LQ > 1. Hasil dari analisis DLQ menunjukkan bahwa komoditi yang dapat diharapkan menjadi komoditi basis di masa yang akan datang di Kabupaten Donggala dengan nilai DLQ > 1 adalah komoditi alpukat, belimbing, duku/langsat, durian, jambu biji, manggis, nangka,pepaya, pisang, rambutan, salak, sawo dan sukun. Sedangkan komoditi yang tidak dapat diharapkan di masa yang akan datang menjadi komoditi basis adalah komoditi nenas dengan nilai rata-rata DLQ < 1. Analisis gabungan LQ dan DLQ menunjukkan bahwa yang mengalami perubahan posisi yaitu komoditi alpukat, belimbing, duku/langsat, jambu biji, jambu air, jeruk siam/keprok, jeruk besar, mangga, manggis, pepaya dan sawo dari non basis menjadi basis, sedangkan komoditi yang mengalami perubahan posisi dari basis menjadi non basis adalah komoditi nenas dan sirsak. Adapun Komoditi seperti durian, jambu biji, nangka, pisang, rambutan, salak, dan sukun tidak mengalami perubahan posisi tetap menjadi basis.

Abidin, Z. 2018. Identifikasi Komoditas Unggulan Wilayah dalam Perspektif Pertanian Berkelanjutan di Sulawesi Tenggara. Jurnal Mega Aktiva. Vol. 7 No. 2 Hal. 93-105.

Arsyad, L. 2005. Pengantar Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPEE- Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik , 2018. Kabupaten Donggala dalam Angka 2018, Badan Pusat Statistik Kabupaten Donggala.

Daryanto, A. dan Hafizrianda Y. 2010. Model-Model Kuantitatif untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah, Konsep dan Aplikasi. PT, Penerbit IPB Press, Bogor.

Hayati, M. Elfiana., dan Martina. 2017. Peranan Sektor Pertanian dalam Pembangunan Wilayah Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Jurnal Sektor Pertanian. Vol. 1 No. 3 Hal. 213-222.

Kosuma, S., Palar, W.W., dan Lapian, A. 2016. Analisis Sturktur Perekonomian dan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Ternate. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol.16 No.02 Hal 507-516.
Poerwanto, R. Dan Susila, A.D. 2014. Seri 1 Hortikultura Tropika, Teknologi Hortikultura. Bogor : IPB Press.

Suyatno. 2000. Analisa Economic Base Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Tingkat II Wonigiri : Menghadapi Implementasi UU No. 2/1999 dan UU No. 5/1999. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 1 No. 2 Hal. 144-159.

Wulandari. 2010. Penentuan Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian Berdasarkan Nilai Produksi di Kabupaten Grobogan. Tesis. Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Lestari K, I., Laapo, A., & Howara, D. (2021). ANALISIS PENENTUAN KOMODITI BASIS BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(5), 1121 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1083
Fulltext