FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI PETANI CABAI MERAH KERITING DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : November 18, 2021
Published : October 29, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi produksi petani Cabai Merah Keriting di Desa Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni hingga bulan Aguatus 2019, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dimana data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada responden yang berjumlah 31 orang dengan menggunakan daftar pertanyaan (questioner). Data sekunder diperoleh dari berbagai literature maupun instansi-instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Fungsi Produksi Cobb-Douglas. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis produksi menunjukan Fhitung (20,897) > Ftabel (2.52) yang berarti variabel Luas lahan, Benih, Pupuk ZA, Pupuk KCl, dan  Pupuk NPK Mutiara dan Tenaga Kerja secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap produksi Cabai Merah Keriting di Desa Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Secara persial variabel, Luas lahan, Pupuk ZA, dan Pupuk NPK Mutiara berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani cabai merah keriting di Desa Purwosari, sedangkan Benih, Pupuk Kcl,  dan Tenaga Kerja tidak berpengaruh nyata terhadap produksi cabai merah keriting di Desa Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong.

Darmaji, 2011. Analisis Kinerja Usahatani Cabai Merah Kriting dengan metode SRI di kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Widya Agrika, Volume 9 Nomor3,Desember2011,ISSN:1693-6981.Di terbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Widyagama Malang.

Ratna, 2013. Faktor-faktor memengaruhi produksi dan pendapatan Usahatani Cabai Rawit di Desa Bolupountu Jaya Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako (Tidak dipublikasikan).

Herlina. 2010. Tahun Depan Pemerintah Targetkan Produksi Cabai Sebanyak145JutaTon.http//investasi.kontan.co.id/v2/read/industry/55442/Tahun-depan pemerintah targetkan-produksi-cabai-sebanyak-145–juta-ton.

Saptana, Arief Daryanto, Heny, K.D, dan Kuntjoro. 2010. Analisis Efisiensi Teknis Produksi Usahatani Cabai Merah Besar Dan Perilaku Petani Dalam Menghadapi Risiko. Jurnal Agro Ekonomi Vol 28 (2). Halaman 153-188.

Sarina, Eddy Silamat, dan Defi Puspitasari. 2015.Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Produksi Cabai Merah Keriting di Desa Kampung Melayau Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Agroqua. Vol 13. No 2. Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH, Bengkulu.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan pokok Bahasa Analisis Fungsi Produksi Coob-Douglas . Jakarta. Jurnal Agroland 23(1):11-19 april 2016

,2006. Analisis Usahatani Universitas Indonesia.
Irawati, N. M. D., Christoporus, C., & Howara, D. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI PETANI CABAI MERAH KERITING DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(5), 1140 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1085
Fulltext