PREFERENSI MAHASISWA DALAM MENGKONSUMSI JAJANAN SIOMAY DI DEPAN KAMPUS UNIVERSITAS TADULAKO
Article History
Submited : February 7, 2022
Published : February 7, 2022
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut siomay yang menjadi preferensi mahasiswa dalam mengkonsumsi jajanan siomay di depan kampus Universitas Tadulako dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan mahasiswa dalam keputusan membeli siomay di depan kampus Universitas Tadulako. Penelitian ini telah dilaksanakan di depan kampus Universitas Tadulako pada bulan November 2020, dan teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Berdasarkan analisis uji chi-square (X2) diperoleh hasil bahwa preferensi konsumen dipengaruhi oleh atribut (rasa, tekstur, ukuran, harga dan tempat, hal ini ditunjukkan X2 hitung > X2 tabel masing-masing: rasa (9,8 > 5,99), tekstur (29,6 > 5,99), ukuran (21,6 > 5,99), harga (6,2 > 5,99) dan tempat (9,8 > 5,99). Hal ini menunjukkan bahwa kelima atribut terdapat hubungan yang signifikan dan mempengaruhi preferensi mahasiswa dalam mengkonsumsi jajanan siomay di depan kampus Universitas Tadulako.
Harsono, Ach. Haris Budi. 2019. Preferensi Konsumen Terhadap Kerupuk Jagung Produksi Home Industri Anggun di Desa Manding Timur Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Dalam : Seminar Nasional Opimalisasi Sumberdaya Lokal di Era Revolusi Industri 4.0. ISBN: 978-602-50605-8-8
Hartaji, Damar A. 2012. Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Hasbi, Andi Rizkiyah, 2019. Preferensi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Nugget Ayam di Kota Palopo. Agrovital : Jurnal Ilmu Pertanian. Volume 4, Nomor 1, Mei 2019 : 7-8.
Kotler dan Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi jilid 2. PT. Erlangga. Jakarta.
Maharani, Nuryusro. 2018. Penyusunan Ensiklopedia Makanan Khas Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Pepustakaan dan Kearsipan. Vol. 7, No. 2, September 2018 : 95-96.
Mustafid, Aan Gunawan. 2008. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Pisang “Kenali” pada Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4 No. 2 Januari 2008 : 7.
Nessianti A. 2015. Pengaruh Penambahan Puree Labu Siam Sechium Edule Terhadap Sifat Organoleptik Siomay Ikan Tenggiri (Scomberomorus Commmersoni). Jurnal Boga, 4 (3): 79-84.
Rahardjo, Christopher Richie. 2016. Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 1, Nomor 1, April 2016 : 34-35.
Sevilla, Consuelo G. Ochave, Jesus A, Punsalan, Twila., Regala, Bella P, dan Gabriel G. Uriarte, 1993. Pengantar Metode Penelitian, I-Press, Jakarta.
Siegel, S. 1997. Statistik Non Parametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Gramedia. Jakarta.
Sulistyaningrum, Dyas. 2012. Pengaruh Brand Loyalty Terhadap Variety Seeking. Jurnal of Social and Industrial Psychology. Volume 1 Nomor 2. November 2012 : 43-44.
Sumarwan, 2004. Perilaku Konsumen, teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Syahrina, Ade. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Mahasiswa UNHAS Kota Makassar. Tidak dipublikasikan : Universitas Hasanuddin.
USU, 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Crude Palm Oil (CPO) Dunia Skripsi. Universitas Sumatera Utara.