STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA COKELAT OLAHAN PADA INDUSTRI SA’ADAH AGENCY DI KOTA PALU

Article History

Submited : February 7, 2022
Published : February 7, 2022

Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha cokelat olahan pada industri Sa’adah Agency di Kota Palu. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang yang terdiri dari 3 orang dari pihak internal dan 3 orang dari pihak eksternal.Penelitian ini dilaksanakan di industri Sa’adah Agency pada bulan Mei – Juli 2020, data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Hasil analisis dengan menggunakan matriks SWOT IFAS dan EFAS bahwa posisi strategi industri Sa’adah Agency berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi Kekuatan – Peluang (SO) beberapa strategi pengembangan usaha cokelat olahan yang tepat untuk diaplikasikan pada industri Sa’adah Agency  yaitu (1) Memanfaatkan bahan baku yang memadai dengan sebaik mungkin seingga memiliki produk cokelat olahan yang berkualitas baik,                      (2) Memanfaatkan produk serta memberikan beberapa macam varian rasa cokelat sehingga dapat bersaing dengan IKM-IKM lainnya, (3) Memiliki harga yang terjangkau di kalangan masyarakat sehingga memungkinkan produk tersebut dapat dipasarkan diberbagai kalangan serta menjaga dan meningkatkan kualitas produk sehingga dapat menjadi produk unggulan pemerintah Kota Palu.

Anisah, 2017. Strategi Pengembangan Cokelat Pasta pada Industri Twins Cocolate diKota Palu. Jurnal Agrotekbis vol4(3):361-368

Andri Amaliel Managanta, Sumardjo, DwiSadono, Prabowo Tjitropranoto. 2019. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kompetensi Petani Kakao di Provinsi Sulawesi Tengah.Jurnal Penyuluhan.Vol15 (1):120-133.

Atkinson; Catherine; Mary B; Christine M. 2010 The Chocolate and Coffe Bible. Hermes House. ISBN 978-1-84477-385-5.

Kuncoro,M. 2005. Strategi : Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta

David, F. R, 2006. Konsep Manajemen Strategi. Salemba Empat, Jakarta.

Mochtar. Hasizah, Darma. Rahim 2011. Prospek Industri Pengolahan Kakao di Makassar:Analisis Potensi Kelayakan Usaha. Program Pasca Sarjana Univrsitas Hasanuddin. Jurnal Agrisistem, Juni 2011, Vol.7 No.1ISSN2089-0036

Ni Kadek, P, 2015.Strategi Pengembangan Agroindustri Berbasis Biji Kakao Di Desa Poyuyanan Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal agribisnis Vol 11 (1) : 27-36

Rafika, 2005. Analisis SWOT. PT. DamarMuliaPustaka

Risdayani, 2016. Strategi Pengembangan Usaha Coklat Pasta pada Industri Rumah Cokelat di Kota Palu. Jurnal agrotekbis Vol 4 (3) : 361-368

Rangkuti, 2009. Mengembangkan strategi dalam perhitungan SWOT, Matriksdari Faktor. Gramedia Jakarta.

Sumadiwangsa, 2008. Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Hasil Hutan Nikan Kayu. Makala Seminar Nasional Prospek Hasil Hutan Nikan Kayu. IPB, Bogor.

Yuliandi, 2014. Srategi Pengembangan Usaha Tani Kakao di Desa Sriba’ang Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Agrotekbis,Vol.2(2):161-168

Wahyudi, T.R Panggabean, Pujianto, 2008. Panduan Lengkap Kakao. Penebar Swadaya. Jakarta

Wawan. 2014. Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Cokelat pada Industri Rumah Sa’Adah Agency di KotaPalu. Jurnal agrotekbis vol 2 (1): 69-75
Febrianto, F., Christoporus, C., & Tondi, K. M. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA COKELAT OLAHAN PADA INDUSTRI SA’ADAH AGENCY DI KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(1), 30 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1178
Fulltext