ANALISIS PRODUKSI USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KASIMBAR UTARA KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : February 8, 2022
Published : February 7, 2022

Penelitian ini bertujuan Mengetahui :  (i)  jumlah  produksi usahatani padi sawah di Desa Kasimbar Utara Kecamatan Kasimbar Kabupaten parigi Moutong, dan (ii) pengaruh faktor luas lahan, benih, pupuk dan tenaga kerja terhadap produksi usahatani padi sawah di Desa Kasimbar Utara Kecamatan kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang diperoleh 61 sampel dari 159 Petani, sedangkan Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan (simple random sampling method), Hasil penelitian menunjukkan Secara simultan (Uji F) pada α = 10% variabel luas lahan (X1), benih (X2), pupuk (X3) dan tenaga kerja (X4) berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Desa Kasimbar Utara. Sedangkan secara parsial (Uji t) pada α = 10% variabel luas lahan (X1), berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Desa Kasimbar Utara, benih (X2), pupuk (X3) dan  tenaga kerja (X4) berpengaruh tidak nyata terhadap produksi padi sawah di Desa Kasimbar Utara. Saran yang diajukan adalah diharapkan kepada para petani padi sawah di Desa Kasimbar Utara perlu adanya pengoptimalan dalam penggunaan input benih dan alokasi tenaga kerja dalam melakukan usahataninya serta perlu adanya dukungan dari pemerintah berupa subsidi berkelanjutan serta penyediaan sarana produksi untuk meningkatkan produksi usahatani padi sawah di Desa Kasimbar Uatara Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong.

Effendy, 2010. Efesiensi Faktor Produksi dan Pendapatan Padi Sawah di Desa Masam Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Jurnal Agrolan 1(3):233-240, Desember 2010.

Nasarudin Akram dan Abdul Muis, 2016. Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah dengan Pola Tanam Tabela Di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. J. Agrotekbis. Vol 2. No 3. Hal : 432-439.

Siti, N 2016. Analisis Produksi dan Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selata. Vol 1, No 2. Hal : 1-7.

Siregar S, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana, Jakarta.

Soekartawi 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Persada, Jakarta.

Soekartawi, 2002. Analisis Usahatani. Universitas IndonesiPress, Jakarta

Umar. H, 2009. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Edisi kedua. Rajawali Perss, Jakarta.

Wibowo, R., 2000. Pertanian dan Pangan (Bunga Rantai Menuju Ketahanan Pangan). Penerbit pustaka sinar harapan, Jakarta.

Yasa, I. N. A. 2017. Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Desa Bonemarawa Kecamatan Riopakava Kabupaten Donggala. J. Agrotekbis. Vol. 5 No. 1 Hal. 111- 118.

Yoshie Laorensia Aruan dan Rita Mariati, 2010. Perbandingan Pendapatan Usahatani Padi (Orizya sativa I.) Sawah Sisyem Tanam Pindah dan Tanam Benih Langsung di Desa Sidomulyo Kecematan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara, EPP.Vol.7. (2) :3 0-36
Heriani, H., & Nurdin, M. F. (2022). ANALISIS PRODUKSI USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KASIMBAR UTARA KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(1), 57 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1181
Fulltext