ANALISIS PRODUKSI KELAPA SAWIT DI DESA KARYA BERSAMA KECAMATAN PASANGKAYU KABUPATEN PASANGKAYU

Article History

Submited : April 1, 2022
Published : April 1, 2022

Faktor-faktor produksi kelapa sawit yang berperan dalam menentukan tingkat produksi petani kelapa sawit. Salah satu faktor untuk mencapai produksi yang maksimal ialah faktor banyaknya jumlah pohon Produktif. Produksi kelapa sawit dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa faktor diantaranya: jumlah pohon kelapa sawit yang masih produktif, umur tanaman, berbagai jenis pupuk yang digunakan, serta tenaga kerja yang digunakan dalam usahatani kelapa sawit, Hal inilah yang mendasari sehingga penelitian ini perlu untuk dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu  Kabupaten Pasangkayu. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (porposive) dengan pertimbangan bahwa desa ini merupakan salah satu daerah penghasil Kelapa sawit di Kecamatan Pasangkayu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - April 2020. Responden dalam penelitian ini adalah petani kelapa sawit yang memiliki tanaman yang berproduksi, kemudian penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode Sensus menurut (Sugiono, 2008), Sampling sensus  yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota atau populasi  dengan tanaman kelapa sawit yang sudah berproduksi sebanyak 30 populasi digunakan sebagai sampel yang diteliti, dengan demikian sampel yang diambil sebanyak 30 responden pada tanaman kelapa sawit yang sudah berproduksi. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari data primer dan data skunder, Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan petani yang dibantu daftar pertanyaan (questionnaire) sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat, Kantor BPP Kecamatan Pasangkayu, Dinas Perkebunan Kabupaten Pasangkayu. Penelitian ini  menggunakan  metode analisis fungsi produksi Cobb-Douglas. Mengetahui  faktor–faktor produksi yang memengaruhi produksi kelapa sawit di Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu. Berdasarkan hasil analisis produksi dari hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan dilihat dari nilai Fhitung = 21,446 > Ftabel = 2,76 pada taraf probabilitas 5% (α = 0,05) yang berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan  (H1) diterima secara simultan ( bersama–sama) faktor–faktor produksi memengaruhi produksi Kelapa Sawit di Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu Secara parsial variabel Jumlah Pohon berpengaruh nyata terhadap produksi Kelapa Sawit di Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu, sementara Luas Lahan, Tenaga Keja, dan Pupuk berpengaruh terhadap produksi Kelapa Sawit di Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu  Kabupaten  Pasangkayu.

 

Alfayanti dan Efendi, Z. 2013. Analisis Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kelapa Sawit Rakyat Di Kabupaten Muko-Muko. Jurnal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu. No 1 : 1-10.

Anonymous 2013. Basis Data Statistik Indonesia. Direktorat Jenderal Perkebunan Indonesia. Departemen Pertanian Indonesia. Jakarta.
Asnil, S.Afifuddin, H.B. Tarmizi, W.A Pratomo. 2010. Analisis Produksi Pendapatan Dan Alih Fungsi Lahan Di Kabupaten Labuhan Batu.Http://jurnalmepaekonomiblogspot.com. (3 Oktober 2021)

BPS, 2018. Sulawesi Barat Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kabupaten Pasangkayu.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Ditjen Perkebunan 2007. Statistik Perkebunan Indonesia. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Perkebunan (PUSLITBANGBUN) Badan Litbang Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Euler, 2015. Analisis Produksi Kelapa Sawit Rakyat Pola Swadaya. Pekanbaru. 17 (2) :332-367 Juli 2015. ISSN : 0824-631X.

Ilham, A. dan Maryam, S. (2014). Analisis Produksi Kelapa Sawit Pada Kelompok Tani Sawit Mandiri. Samarinda : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah. J Ekonomi Pertanian Pembangunan (5) 75-85 Maret 2014, ISSN : 1693-9646X.

Pahan, I. 2006. Panduan Lengkap Budidaya Kelapa Sawit. Cetakan Kedua. Penerbit Ptindopalma Wahana Hutama, Jakarta.
Pahan, 2008. Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Putranto, 2012. Kaya dengan Bertani Kelapa Sawit. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Rosman. 2000. Tingkat Produktifitas Kerja Terhadap Umur Petani di Indonesia. Jurnal Pertanian No 87 : 12-19

Rosyidi, S. 2004. Teori Pengantar Ekonomi Mikro (Pendekatan Terhadap Ekonomi Mikro Dan Makro). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sudarsono, Pengantar Ekonomi Mikro Edisi 4 Jakarta: LP3ES, 1990.

Suherman Rosyidi, Pengantar Teori Ekonomi Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2009.

Setyamadjaja, 2006. Kelapa sawit Tehnik, Budidaya, Panen dan Pengolahan. Kanisius, Yogyakarta.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung ; ALFABETA

Sasongko, P.E 2010. Studi Kesesuaian Lahan Potensial Untuk Tanaman Kelapa Sawit Di Kabupaten Blitar, Jurnal Pertanian MAPETE 7 (2): 72 -134.

Sipayung, Tangkot. 2013. Perkebunan Kelapa Sawit Diklai Sesuai Moratorium. Co Bisnis. (Http://Www.Tempo.Co/Read/NeWs/ 20/13/04/23/090475197).

Willy dan Iskandar, 2014. Analisis Produktivitas Kelapa Sawit di PT. Perdana Inti Sawit Perkasa I Riau Jurnal Agrohorti, 2(1) : !25-131.
Herdiansyah, H., Antara, M., & Alaihi, M. (2022). ANALISIS PRODUKSI KELAPA SAWIT DI DESA KARYA BERSAMA KECAMATAN PASANGKAYU KABUPATEN PASANGKAYU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(2), 314 - 322. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1237
Fulltext