ANALISIS PEMASARAN BERAS DI DESA TORIBULU KECAMATAN TOTRIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : June 17, 2022
Published : June 2, 2022

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran beras, besarnya marjin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterima oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran  beras,  dan mengetahui efisiensi pemasaran beras. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong dengan mengambil 37 responden dari 230 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (simple random sampling method), penentuan responden pedagang digunakan dengan cara penjajakan (tracing sampling) sebanyak 8 orang pedagang sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 50 orang. Hasil analisis menunjukan bahwa saluran pemasaran beras di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu Kabupaten  Parigi Moutong terdapat dua saluran pemasaran. Total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp 2.000 dan total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran kedua sebesar Rp 2.400. Bagian harga yang diterima petani saluran pertama sebesar 79,59% dan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 76,47%, sehingga bagian yang paling besar diterima petani adalah pada saluran pertama. Saluran pertama ini efisiensinya sebesar 2,97%, sedangkan pada saluran kedua nilai efisiensinya sebesar 6,64%. Dari dua saluran pemasaran beras tersebut, saluran yang efisien adalah saluran pertama.

Anindita, A., 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus Surabaya.

BPS, 2019. Sulawesi Tengah Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistika Sulawesi Tengah, Palu.

BPS, 2019. Sulawesi Tengah Dalam Angka 2019. Luas Panen Produksi dan Produktivitas Tanaman Padi Sawah di Beberapa Kecamatan Kabupaten Parigi Moutong. BPS Parigi Moutong, Parigi

BPS, 2019. Sulawesi Tengah Dalam Angka 2019. Luas Panen Produksi dan Produktivitas Tanaman Padi Sawah di Beberapa Kabupaten/Kota Sulawesi Tengah. BPS, Palu.

Cristoporus dan Sulaiman. 2009. Analisis Produksi Dan Pemasaran Jagung Di Desa Labuan Toposo Kecamatan Kecamtan Tawaeli Kabupaten Donggala. J. Agroland Vol 16 (2); 141-147.

Daniel M, 2002, Pengantar Ilmu Ekonomi. Bumi Aksara, Jakarta.

Dewi Nur Asih, 2009. Analisis Karakteristik dan Tingkat Pendapatan Usahatani Bawang Merah di Sulawesi Tengah. J. Agroland Vol. 16 (1): 53-59.

Haryani Dewi dan Tian Mulyaqin. 2013. Kajian Analisis Margin Pemasaran dan Integrasi Pasar Gabah/Beras di Provinsi Banten. J Buletin Ikatan Vol. 3 (1): 332-339. 2013.

Hanafie, Rita, 2010. Pengatar Ekonomi Pertanian, C.V Andi Offset.

Hildayani, R. 2013. Analisis Pemasaran Beras di Desa Sidondo 1 Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. e-J Agrotekbis. Vol. 1 (5): 485-492.

Kusnanto, Evi Maharani, Shorea Kaswarina. 2016. Analisis Pemasaran Padi di Desa Raja Bajemu Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir, Pekbis Jurnal. Vol. 8 (1): 14-23.
Rizka, M, 2015. Analisis Pemasaran Tomat di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala, e-J Agrotekbis. Vol. 3 (6); 759-764.

Sisfayuni, Ludin, Yantu, M.R., 2008 Komposisi Industri Yang Membangun Sektor Pertanian Sulawesi Tengah, J.Agroland. Vol. 15 (4): 316-322.

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sunyuto Danang, 2015, Strategi Pemasaran, PT Buku Seru.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang.

Swastha, B dan Ibnu Sokotjo. 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. CV. Pionir Group Bandung.
Bayu, B., Hadayani, H., & Wirahatmi, W. (2022). ANALISIS PEMASARAN BERAS DI DESA TORIBULU KECAMATAN TOTRIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(3), 201 - 209. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1343
Fulltext