ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA SIBAYU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : June 24, 2022
Published : June 2, 2022

Permasalahan  pemasaran yang ada di Desa Sibayu ada dua yaitu perbedaan harga dan juga  saluran pemasarannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kopra, margin, bagian harga yang diterima oleh produsen, dan efisiensi pemasaran kopra. Penelitian ini di laksanakan di Desa Sibayu pada bulan juni sampai agustus tahun 2019.  Pengambilan sampel produsen kopra di lakukan menggunakan metode acak sederhana 32 responden dan pengambilan sampel pedagang di lakukan menggunakan metode penjajakan di peroleh sebanyak 1 orang pedagang pengumpul dan 1 orang pedagang besar.Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu margin pemasaran,bagian harga yang di terima produsen dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis  pemasaran  menunjukan saluran pemasaran kopra di Desa Sibayu melalui dua saluran pemasaran . Margin pemasaran kopra pada saluran I yaitu Rp 3.000 dan margin pemasaran kopra untuk saluran II  yaitu Rp 2.000. Besarnya bagian harga yang diterima produsen pada saluran I  yaitu 50%, sedangkan bagian harga yang diterima saluran II yaitu 66,6%, Nilai efisiensi pemasaran saluran I  yaitu  4,78% untuk saluran II yaitu 3,66%. Sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling  efisien yaitu saluran II dengan nilai efisiensi 3,66%.

Alamsyah. 2005. Virgin Coconut Oil: Minyak Penakluk aneka. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Angipora, M. 2015. Dasar-DasarPemasaran. PT. Raja GrafindoPersada, Jakarta.

BPS, 2018 Desa Sibayu Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah.

BPS Sulawesi Tengah, 2017. Data Statistik 2013-2017 Komoditi Perkebunan Provinsi Sulawesi Tengah, Menurut Kabupaten dan Kecamatan.

Chaerani, D. 2016. Margin dan Efesiensi Pemasaran Kopra di Desa Simalegi Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan. Jurnal Bibiet Vol 1 (2):81-94.

Ekasari 2007. Analisis Margin Pemasaran Telur Itik di Kelurahan Borongloe Kecamatan Bontamarannu, Kabupaten Gowa. http:// www.deptan .go.id. Diakses pada tanggal 26 November 2012

Hartianingtias, C. D., Sutrisno, J., Setyowati. 2015. Analisis Efesiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Grabogan. Jurnal AGRISTA : Vol. 3 No. 2 Hal: 63-73. Surakarta.

Iksan, M. Lamusa, A, Sulaeman. 2016. Analisis Pemasaran Kopra di Desa Tambu Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Jurnal Agrotekbis Vol 4 (6) : 739- 746.

Palungkun, R. 2001. Aneka Produk Olahan Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Soekertawi. 2002. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Sudiyono. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiya Malang, Press Malang.

Stefen, P. 2013. Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan Petani Kopra di Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmehara Utara. Jurnal UNIERA Vol 2 (2)26-27.
Yuliana, Y., Hadayani, H., & Damayanti, L. (2022). ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA SIBAYU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(3), 287 - 296. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1355
Fulltext