Analisis Pemasaran Semangka Di Desa Maranata Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi

Article History

Submited : June 23, 2020
Published : April 28, 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, besarnya margin pemasaran, bagian harga yang diterima oleh petani dan efisiensi pemasaran komoditi semangka     di Desa Maranata Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Berdasarkan Hasil Penelitian mengatakan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yang ada di Desa Maranata. Margin pemasaran semangka yang diperoleh untuk saluran pertama Rp. 2.000 dan total margin pemasaran semangka yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp. 1.500 Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebasar 42%. Bagain harga yang diterima petani pada saluran kedua sebasar 57%. Nilai efisiensi pemasaran saluran I sebesar 58% dan untuk saluran II sebesar 43%. Dari kedua nilai efisiensi pada saluran I dan II yang paling efisiensi adalah saluran II.

Yusnia, Y., Muis, A., & Sulaeman, S. (2017). Analisis Pemasaran Semangka Di Desa Maranata Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 5(2), 269 - 277. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/139
Fulltext