FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI SALAK DI DESA TAMARENJA KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : August 4, 2022
Published : August 1, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang diterima oleh petani zakat dan Bagaimana pengaruhnya terhadap harga salak (X1) harga pupuk (X2)upah buruh (X3)luas lahan (X4)produksi (X5)dan pestisida (X6), terhadap pendapatan usahatani salak di Desa Tamarenja, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala. Penentuan lokasi ini dilakukan dengan sengaja (purposive), dengan pertimbangan bahwa Desa Tamarenja adalah salah satu penghasil pertanian salak tertinggi di Kecamatan Tobata Sindue, Kabupaten Donggala. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode (simple random sampling). Jumlah responden adalah 40 petani ular. Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan pendapatan Analisis Regresi Linier Berganda, sedangkan data pendapatan dari petani salak menggunakan analisis pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah rata-rata pendapatan usahatani salak di Desa Tamarenja, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala selama satu musim tanam adalah Rp 2.698.692,18 / ha / MT. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani salak adalah harga salak (X1), harga pupuk (X2)upah buruh (X3) luas lahan (X4) produksi (X5) dan pestisida (X6), secara simultan memiliki pengaruh yang sama secara bersama-sama (pengaruh signifikan) terhadap salak pendapatan pertanian di Desa Tamarenja. Sedangkan secara parsial faktor yang berpengaruh adalah harga jual salak (X1), upah tenaga kerja (X3) dan produksi (X5)yang memiliki pengaruh signifikan (pengaruh signifikan) terhadap pendapatan di Desa Tamarenja, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala.

Anarsis, Widji.2009. Agribisnis Komoditas Salak. Jakarta,PT Bumi Aksara, Cetakkan ke-3.

Badan Pusat Statistik, 2017. BPS Provinsi Sulawesi Tengah

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sindue Tobata Tahun 2019

Darsan.2015. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Usahatani Salak di Desa Wedi Kecematan Kapas Kabupaten Bojonegoro. No.(2) . Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro. 2015.a

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah Dalam Angka 2019

Lewis,Gregory.1994.Teknik Menetapkan Harga. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Manyamsari, Ira dan Mujiburrahmad, 2014. Karakteristik Petani dan Hubungannya Dengan KOmpetensi Petani Lahan Sempit : Kasus di Desa Sinar Sari Kecamatan Dermaga Kab. Bogor Jawa Barat. Agresip Vol (15) No. 2 Hal 5, 2014.

Muhammad Andri,Burhanuddin Nawi. 2018. Kelompok Pengrajin Aneka Olahan Buah Salak yang Bernilai Ekonomis di Desa Tamarenja. Vol.1 (1) Hal 10. Jurnal Inovatif Pengabdian Masyarakat. Juli, 2018.

Nasution S,A 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Pendapatan Usahatani Jagung (Studi Kasus Tanjung Jati, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat. Vol. 15 (2) Hal 6. E-Jurnal Agrotekbis. Juni, 2015.

Nazaruddin dan Kristiawati. 1997. Varietas Salak. Jakarta : Penebar Swadaya.
Purwati, Rini, 2007. Pendapatan Petani Dataran Tinggi Sub DAS Malino :Studi Kasus Kelurahan Gentarang, Kabupaten Gowa. JURNAL Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol. 4 No 3 September, Hal. 257-269.

Rahim, Abdul dan Diah Retno Dwi Hastuti. 2007. Ekonomi Pertanian (Pengantar,teori, dan kasus). Jakarta: Penebar Swadaya
Soekartawi,2002. Analsis Usahatani. Jakarta.Universitas Indonesia.

Susanto. B.G dan Sunaryanto. L.T. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Petani Salak. Vol. 15 Hal 9. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 2019

Thamrin, A dan Tantri, F, 2012. Manajemen Usahatani. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Arbayana, A., Christoporus, C., & Kalaba, Y. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI SALAK DI DESA TAMARENJA KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(4), 324 - 335. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1396
Fulltext