PENDAPATAN DAN KELEMBAGAAN PEMASARAN TERNAK KAMBING PADA CV. PRIMA BREED DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

Article History

Submited : August 26, 2022
Published : August 1, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) pendapatan ternak kambing yang diperoleh CV. Prima BREED. (ii) margin saluran pemasaran ternak kambing pada CV. Prima BREED. (iii) kelembagaan pemasaran ternak kambing CV. Prima BREED. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari data sekunder dan perimer. Anlisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis Pendapatan Usaha peternakan kambing pada peternakan CV. Prima BREED diperoleh hasil pendapatan CV. Prima BREED pada tahun 2016 sebesar Rp. 372.358.962. Pendapatan CV. Prima BREED pada tahun 2017 sebesar Rp. 374.813.962. Pendapatan CV. Prima BREED pada tahun 2018 sebesar Rp. 331.2519.202.  Margin saluran lembaga pemasaran CV. Prima BREED yang paling tertinggi terdapat pada saluran pemasaran II yaitu pedagang provinsi yakni sebesar Rp. 900.000/ekor sedangkan saluran lembaga pemasaran terendah adalah  pasar hewan yakni sebesar Rp. 200.000/ekor. CV. Prima BREED memiliki beberapa sistem aturan kelembagaan dalam melakukan pemasaran ternak yaitu dimulai dari Peternak dan CV. Prima BREED dimana  proses pemasaran peternak dan CV. Prima BREED saling berktukar ternak dan proses pemabayaran dilakukan secara langsung. CV. Prima BREED dan Pedagang Luar Kota proses pemasarannya yaitu dengan adanya surat perjanjian antara kedua belah pihak yang berisi tentang fungsi pemasaran berupa jenis ternak, pengangkuatan dan pembiayaan. Transaksi dilakukan secara langsung oleh pihak CV. Prima BREED dan pedagang luar kota. CV. Prima dan Pasar Hewan yaitu dimana pedagang pasar hewan datang langsung ke perusahaan CV. Prima BREED untuk membeli ternak dan kemudian dipasarkan ke pasar hewan, proses pembayaran dilakukan secara tunai.

Andi, S. 2009. Saluran Pemasaran Sapi Potong di Sulawesi Selatan. Jurusan Peternakan Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Vol. 9 (2) : 115-118.

Ardiansyah, A. 2018. Analisis Pendapatan Pedagang Ternak Kambing di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Alauddin Makassar.

Aries, M, 2018. Prospek Pengembangan Usaha Ternak Kambing dan Memacu Peningkatan Ekonomi Peternak. Fakultas Mipa Universitas Pakuan Bogor, Balai Penelitian Ternak Ciawi-Bogor. Vol. 7(2) : 135-148.

Azzaino, Z. 2000. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmu Sosial ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Indiryani dan Andri. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Ternak Sapi Potong di Kecamatan Sitiuang, Kabupaten Dharmasraya. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang. Vol. 20 (3) : 151-159.

Latifatul, H, 2017. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Telur Itik di Kabupaten Sitobondo. Manajemen Bisnis Unggas, Politeknik Negeri Jember. Vol. 1(1) : 25-30.

Martafianto EWK. 2011. Analisis Epfisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya. Malang.
Ridho, A. 2014. Pengaruh Rantai Tataniaga Terhadap Efisiensi Pemasaran Daging Sapi di Kabupaten Karo. Vol. 3 (2) : 224-234. Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Sumatera Utara. Vol. 3 (2) : 224-234.

Siswoyo, H. 2013. Analisis Kelembagaan dan Peranannya Terhadap Pendapatan Peternak di Kelompok Tani Simpay Tampomas Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan IPB. Bogor. Vol. 1(3) : 172-178.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasi Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Stepanus, P. 2008. Analisis Pendapatan Peternak Kambing di Kota Malang. Jurnal Ilmu Peternakan. Vol. 3 (2) : 51-57.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suratyah, K. 2009. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sutawi. 2007. Pengelolaan Usaha Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Hasriani, H., Sisfahyuni, S., & Hamzens, W. (2022). PENDAPATAN DAN KELEMBAGAAN PEMASARAN TERNAK KAMBING PADA CV. PRIMA BREED DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(4), 555 - 564. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1432
Fulltext