ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA PENJUALAN AYAM RAS PEDAGING DI PASAR MASOMBA KOTA PALU

Article History

Submited : October 3, 2022
Published : October 3, 2022

Ayam ras pedaging sebagai salah satu ternak penghasil daging yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal inidikarenakan daging ayam ras pedaging merupakan salah satu sumber protein hewani dan harganya relatif lebih murah. Konsumsi daging ayam ras pedaging selalu lebih besar dibanding ternak unggas yang lain, khusunya di Kota Palu. Pemasaran ayam ras pedaging di Kota Palu tentunya melibatkan pedagang untuk mendistribusikan ayam ras pedaging dari peternak langsung kepada konsumen akhir. Pedagang di Kota Palu menggunakan pasar untuk memasarkan ayam ras pedaging. Salah satu pasar yang jumlah pedagang ayam ras pedaging paling banyak di Kota Palu adalah Pasar Masomba, akan tetapi pedagang ayam ras pedaging di Pasar Masomba dihadapkan pada beberapa permasalahan yaitu biaya pemasaran dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan yang diperoleh dan untuk mengetahui kelayakan usaha penjualan ayam ras pedaging di Pasar Masomba. Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Masomba Kota Palu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2014. Responden adalah seluruh pedagang ayam ras pedaging yang berjualan di Pasar Masomba. Metode penentuan sampel dilakukan secara sensus, jumlah responden 16 pedagang ayam ras pedaging. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Pendapatan dan Analisis Kelayakan Usaha. Hasil analisis menunjukkan jumlah pendapatan yang diperoleh pedagang sebesarRp.3.156.581/bulan. Analisis kelayakan usaha diperoleh Revenue of Cost usaha penjualanayam ras pedaging adalah1,23. Artinya usaha penjualanayam ras pedaging di Pasar Masomba layak untuk diusahakan karena R/C > 1.

Boediono. 1998. Ekonomi Mikro. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.
Herman, 2013. Analisis Pendapatan dan Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Susu Sapi Perah Di Tingkat Peternak (Kasus Anggota .RSHUDVL 6HUED 8VDKD‡.DU\D 1XJUDKD· Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat). Skripsi Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.
Rasyaf, M. 2009. Agribisnis Peternakan. Cetakan Ke-9. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.
Rajasa. 2013. Analisis Produktivitas Kerja Peternak pada Usaha Ayam RasPedaging Pola Kemitraan dan Mandiri di Kabupaten Maros. JurnalAgribisnis. Vol. VI (2).
Soekartawi. 1995. Agribisnis Teori dan Aplikasinya.
Wardhani. P.K. 2012. Analisis Efisiensi Produksi dan Pendapatan pada Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Studi Kasus; Kecamatan Limbangan. Kabupaten Kendal)[Skripsi]. Universitas Diponegoro. Semarang.
Yunus, R. 2009. Analisis Efisiensi Produksi Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging PolaKemitraan dan Mandiri di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro. Semarang
Kamarudin, T. D., & Afandi, A. (2022). ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA PENJUALAN AYAM RAS PEDAGING DI PASAR MASOMBA KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 3(4), 543-546. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1444
Fulltext