EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT PRODUKSI USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KAMARORA A KECAMATAN NOKILALAKI KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : October 18, 2022
Published : October 14, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan input luas lahan, benih, pupuk, dan tenaga kerja berpengaruh terhadap produksi padi sawah di Desa Kamarora A Kecamatan Nokilalaki Kabupaten Sigi, Berapa besar  efisien penggunaan input produksi luas lahan, benih, pupuk, dan tenaga kerja terhadap tingkat produksi padi Sawah di Desa Kamarora A Kecamatan Nokilalaki Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019. Lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja (purposive) dengan jumlah petani responden sebanyak 66 petani dari populasi sebanyak 195 petani padi sawah yang tergolong dalam kelompok tani. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis fungsi cobb-douglass dan analisis efisiensi. Hasil analisis input produksi yang digunakan dalam usahatani padi sawah yang terdiri dari:luas lahan (X1), benih (X2), pupuk urea (X3), dan tenaga kerja (X4) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh nyata terhadap produksi (Y) pada taraf α=10%, sedangkan secara parsial penggunaan pupuk  (X3) berpengaruh tidak nyata terhadap produksi padi sawah, sedangkan luas lahan (X1), benih (X2) dan tenaga kerja (X4) berpengaruh nyata terhadap produksi variabel (Y) pada taraf α =10 %, Determinasi ( ) sebesar 0,928 bahwa variasi variabel faktor produksi padi sawah dapat diterangkan oleh variasi variabel (Xi) sebesar 92,8%, sisanya 7,2 % diterangkan oleh faktor lain yang dimasukan kedalam model. Nilai efisiensi menunjukkan bahwa nilai k dari variabel luas lahan (X1), Benih (X2), dan Tenaga kerja (X4), menunjukkan nilai > 1, dan variabel  pupuk urea (X3),  menunjukkan angka kurang dari 1 artinya tidak efisien. Input produksi yang digunakan dalam usahatani padi sawah seperti luas lahan (X1), variabel Benih (X2), dan Tenaga kerja (X4), dilihat dari segi harga belum efisien, dan variabel pupuk urea (X3), dilihat dari sisi harga tidak efisien.

Balai Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2006. Pendataan Sosial Ekonomi Tahun 2005. Jakarta pusat : Badan Pusat Statistik

Firdaus, M. 2011. Ekonomitrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta

Herawati.W.D 2017. Budidaya Padi. Cetakan Kedua, 2017.: Jogjakarta

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007. Pegangan kependudukan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Peraturan Menteri Pertanian, 2007. Rekomendasi pemupukan N, P, dan K pada padi sawah spesifik Lokasi, nomor 40/permentan?OT.140/4/2007:Jakarta.

Rismawati, 2019, Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Produksi Usahatani Padi Sawah Sistem Tanam Benih Langsung Di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. e-J. Agrotekbis 7 (3): 412 – 420.

Sahara, D., dan Idris, 2008. Efisiensi Produksi system Usahatani Pada lahan sawah Irigasi Teknis, Universitas Indonesia, Jakarta

Soekartawi. 2003. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Soekartawi, 2002, Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Perss, Jakarta.

Sumantri, Bambang dan Fauzi, Emlan, 2006. Analisa Produktifitas Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Desa Lawang Agung Kecamatan Kedurang Kabupaten Bungkulu Selatan. AGRISEP vol.4 No.1 maret 2006:24-40.

Suprapto. E. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usahataani Padi Organik Di Kabupaten Sragen. Program Studi Magister Ekonomi Dan Studi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Susantun, I. 2000. Fungsi Keuntungan Cobb-Douglas Dalam Pendugaan Efesiensi Ekonomi Realtif. Jurnal Ekonom Pembangunan. Vol.5 No.2. Hal 149-161
Susilowati, S.H., Budiman Hutabarat, Muhidin Rahmat, Andreng purwoto, Sugiarto, Supriyati, Supadi Amar Kadar Zakaria, Bambang Winarso, Herman Supriyadi, Tri Bastuti Purwantini, Roosganda Elizabeth, Deri Hidayat, Tjeptjep Nurasa, Chaerul Muslim, Mohammad Maulana, Muhammad Ibal Dan Rizma Aldillah. 2010. Indicator Pembangunan Pertanian Dan Pedesaan: Karakteristik Social Ekonomi Petani Padi. Pusat Social Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Bogor.

Umar. H, 2009. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Edisi kedua. Rajawali Perss, Jakarta.

Widyananto, 2010. Analisis Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Bawang Putih (Studi Kasus Di Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Yasa, I, N, A., dan Hadayani.2017. AnalisisProduksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah di Desa Bonemawara Kecamatan Riovakapa Kabupaten Donggala, J. Agrotekbis% (1): 111-118.
Irfan, M., Lamusa, A., & Sisfahyuni, S. (2022). EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT PRODUKSI USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KAMARORA A KECAMATAN NOKILALAKI KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 10(5), 610 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1454
Fulltext