STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA AZ-ZIKIR DI KOTA PALU

Article History

Submited : Oktober 28, 2022
Published : Oktober 14, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi industri roti “Az-Zikir” di Kota Palu, serta mengetahui strategi pengembangan industri roti “Az-Zikir” yang terletak di Jalan Samratulangi Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020, data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden yaitu pimpinan industri roti “Az-Zikir”, karyawan industri roti “Az-Zikir” serta konsumen. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dan literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil analisis dengan menggunakan matriks SWOT IFAS dan EFAS bahwa posisi strategi industri roti “Az-Zikir” berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi kekuatan – peluang (SO), beberapa strategi pengembangan usaha roti yang tepat untuk diaplikasikan pada industri Roti “Az-Zikir” yaitu (a) Terus menggunakan bahan baku kualitas terbaik agar tetap disukai semua kalangan. (b) Memanfaatkan tenagakerja yang berpengalaman untuk mengembangkan promosi. (c) Terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk agar dapat bersaing di pasar. (d) Memanfaatkan bahan baku yang mudah didapatkan untuk menghasilkan varian rasa baru.

Afridhal, 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, Volume 1 (3) : 223-233.

Agridinata, 2012. Prospek Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (studi pada industri rumah tangga pembuatan kerupuk bayam di kecamatan Mandau-Duri). Skripsi. Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau Pekanbaru.

Antonio yongki dan Ratih Indriyani, 2016. Analisis Strategi Bersaing Conato Bakery Jember. Jurnal Agora. Vol 4 (1) : 540-549.

Ariessiana, 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti Pada Bagas Bakery, Kabupaten Tenggal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

David FR. 2006. Manajemen Strategis. Sulistio P dan Mahardika H, penerjemah; Rahoyo S, editor; Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Dennis, 2017. Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga kerajinan Bambu di Kinilow Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon.

Joesyiana, 2017. Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru (studi kasus usaha tas rajut industri pengolahan kreatifitas tali kur). Jurnal Valuta, Vol 4 (1) : 159-172.

Matutina, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kedua, Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta.

Mudjajanto ES, Lilik NY. 2007. Membuat Aneka Roti. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nurani, 2007. Daya saing Agribisnis-Aspek Hukum dan Strategi Pengembangan. Bandung. Nuansa. Jakarta.

Pribadi, Max N.M, Effendy (2017). Analisis pendapatan usaha roti pada industri rumah tangga Aisyah bakery di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis. Volume 5: 466-471. Fakultas Pertanian. Universitas Tadulako. Palu.

Rangkuti, 2009. Analisis SWOT Teknik membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Siagian, Sondang P., 2007. Teori Motivasi dan Aplikasi. Penerbit Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Sukardi, 2011. Formulasi Definisi Agroindustri Dengan Pendekatan Backward Tracking. Jurnal Pangan. Vol 20 (3) : 269-282.

Umar H. 2008. Strategic Management in Action. Cetakan Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.