ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN INDUSTRI TAHU AFIFAH DI KOTA PALU

Article History

Submited : Oktober 31, 2022
Published : Oktober 14, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen industri Tahu Afifah. Penelitian ini telah dilaksanakan di industri Tahu Afifah pada bulan Desember 2020 sampai dengan bulan Maret 2021, dan teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Chi-Square, dan untuk menghitung nilai skor pada kuisioner digunakan Skala Likert. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa preferensi konsumen industri Tahu Afifah dipengaruhi oleh semua atribut yang diamati, yang terdiri dari rasa, tekstur, ukuran, dan daya tahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Chi-Square semua atribut yang diamati memiliki nilai hitung sebesar 2.267 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 3. Jika dibandingkan dengan nilai tabel dengan tingkat signifikasi sebesar 25% dengan derajat kebebasan sebesar 3, maka hitung 2.267 > tabel 1.212, ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa  atribut tahu yang diamati mempengaruhi preferensi konsumen dalam mengkonsumsi Tahu Afifah. Adapun urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan konsumen sampai dengan yang kurang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk Tahu Afifah yaitu atribut rasa, tekstur, daya tahan, dan ukuran.

Agestu, Primaleon. 2020. Analisis rantai nilai industri tahu pada pabrik MTB kota padang.

Al Basya, Moh Faishal Y. Mawardi, M K. Nuralam, Inggan P. 2018. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kursus Bahasa Inggris (Studi Pada Pelanggan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 58. No 2. Hal 197-205.

Andarwulan, N. Dkk. 2018. Pengaruh Perbedaan Jenis Kedelai Terhadap Kualitas Mutu Tahu. Jurnal Mutu Pangan. Vol 5. No 2. Hal 66-72.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Hariani, A Lusi. 2005. “Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Bebas Residu Pestisida (Studi Kasus di PT. Hero Supermarket, Surakarta)”. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Maryuliana, dkk. 2016. Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI). Vol. 1. No 2.

Masroeri, Noriko A. Wibawa, Berto M. 2019. Analisis Perbedaan dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Food Souvenir. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol 8. No 2. Hal D329-D333.

Muchtadi, Deddy. 2010. Kedelai Komponen Untuk Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Putri, T. 2017. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Abon Ikan Tuna. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin: Makassar.

Rahmawati, Fitri. 2013. Teknologi Proses Pengolahan Tahu dan Pemanfaatan Limbahnya. Materi Kegiatan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sevilla, Consuelo G. Ochave, Jesus A, Punsalan, Twila, Regala, Bella P, dan Gabriel G. Uriarte. 1993. Pengantar Metode Penelitian. I-Press :Jakarta.

Subianto, Totok. 2007. Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Moderenisasi. Vol 3. No 3. Hal 165-182.

Sundari, Ristina S. Umbara, Dona S. 2019. Preferensi Konsumen Terhadap Produk Agroindustri Abon Ikan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 4. No 1. Hal 36-43.

Taluke, D. Lakat, Ricky S M. Sembel, A. 2019. Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial. Vol 6. No 2. Hal 531-540.

Triputra, E. 2011. Analisis Komparasi Nilai Tambah Usaha Pengolahan Kedelai Pada Berbagai Skala Usaha di Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan..