Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Ketepeng Cina (Cassia alata L.) Terhadap Jamur Patogen Phytophthora palmivora Penyebab Penyakit Busuk Buah Kakao (Theobromae cacao L.)

Article History

Submited : June 23, 2020
Published : June 30, 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat ekstrak daun ketepeng cina    (Cassia alata L.) pada berbagai konsentrasi terhadap pertumubuhan jamur Phytophthora palmivora pada buah kakao. Penelitian ini disusun dalam rancangan acak lengkap dengan melakukan pengujian ekstrak daun ketepeng cina pada masing-masing perlakuan konsentrasi 0,5%, 1%, 1,5%, 2%, dan 2,5% terhadap diameter pertumbuhan jamur Phytophthora palmivora. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, dari bulan September sampai dengan Oktober 2015. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa pada    rata-rata konsentrasi 2,5% ekstrak daun ketepeng cina lebih baik dalam menghambat pertumbuhan diameter jamur Phytophthora palmivora yakni 30,18% dan setelah di analisis menggunakan metode persamaan regresi linear konsentrasi 2,5% memiliki nilai y yang paling besar yaitu 30,48%.

Suarni, S., Panggeso, J., & Rosmini, R. (2017). Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Ketepeng Cina (Cassia alata L.) Terhadap Jamur Patogen Phytophthora palmivora Penyebab Penyakit Busuk Buah Kakao (Theobromae cacao L.). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 5(3), 329 - 335. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/151
Fulltext