EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH MAJA (AEGLE MARMELOS L.) TERHADAP PENGENDALIAN larva PLUTELLA XYLOSTELLA L. ( LEPIDOPTERA : PLUTELIDAE) PADA TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.)

Article History

Submited : April 3, 2023
Published : April 3, 2023

awi (Brassica juncea L.) adalah salah satu bahan pangan yang dibutuhkan tubuh dalam menunjang pola hidup sehat. Sawi merupakan sayuran yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa dari aspek sosial, masyarakat sudah menerima kehadiran sawi untuk dikonsumsi sehari-hari, namun dalam pembudidayaan tanaman sawi memiliki beberapa kendala yang dapat menyebabkan penurunan produksinya, salah satunya yaitu serangan larva . larva yang sering merusak tanaman sawi adalah Plutella xylostella. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ekstrak buah maja (Aegle marmelos) terhadap intensitas serangan dan populasi larva Plutella xylostella L. pada tanaman sawi. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama Tumbuhan, Rumah Kasa Hama Tumbuhan Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako-Palu. Penelitian ini dilaksnakan pada pada areal pertanaman sawi petani di Desa Sidera, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi dan dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober tahun 2019. Pembuatan ekstrak buah maja dilakukan dengan cara buah maja yang telah tua dibelah kemudian diambil isinya dan disimpan di dalam wadah tertutup dan didiamkan selama 3 hari. Kemudian buah maja diperas dan disaring dan diambil ekstraknya. Ekstrak buah maja diaplikasian pada umur tanaman 9 HST sampai dengan 15 hari dilanjutan dengan interval 6 hari 21 HST dengan interval waktu 6 hari sekali. Pengaplikasiannya dengan cara menyemprotkan larutan ekstrak buah maja dengan kosentrasi P1 10%, P2 20%, P3 30%, P4 40%, P5 50%, P6 60%. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali dan pembanding kontrol menggunaan handsprayer. Variabel pengamatan yaitu gejalah serangan hama, populasi hama dan intensitas serangan hama Plutella xylostella L. Berdasarkan hasil penelitin ini dapat di simpulkan bahwa aplikasi estrak buah maja sangat efektif dalam pengendalian populasi larva dan intensitas serangan hama Plutella xylostella L. Kosentrasi larutan estrak buah maja 30% lebih efektif dan efisien dalam menekan/menghambat populasi larva dan intensitas serangan larva Plutella xylostella L. dengan pembanding kontrol.

Capinera J.L. 2012. Diamondbanck Moth, Plutella xylostella Linnaeus (insecta: lepidoptera: Plutellidae). Diunduh dari http://entnemdept.ulf.edu/creatures/veg/leaf/diamondback_moth.htm Diakses pada 10 Agustus 2020.

Darmanto, I.W., Supriyatdi, D., dan Sudirman, A., 2019. Pengendalian larva Grayak (Spodoptera litura F.) dengan Ekstrak Ubi Gadung dan Ekstrak Buah Maja. Jurnal Agro Industri Perkebunan (AIP) http://dx.doi.org/10.25181/jaip.v7i1.1052, Vol. 7 (1) (Mei 2019): (23-30.)

Grdiša M., Gršić K., 2013. Botanical insecticides in plant protection. Agriculturae Conspectus Scientificus, Vol.78,(2) : (85-93.)

Herlinda, S., Thalib, R dan Saleh, R. M. 2004. Perkembangan dan Preferensi Plutella xylostella L. (Lepidoptera : Plutellidae) pada Lima Jenis Tumbuhan Inang. Jurnal Hayati. (11) : (130–134.)

Hunter WB, Hiebert E, Webb SE, Tsai JH, Polston JE (1998) Location of geminiviruses in the whitefly Bemisia tabaci (Homoptera :Aleyrodidae). Plant Dis (82) : (1147–1151.)

Irwan. 2005. Pengaruh Dosis Karci dan Bokasi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica junceae) yang Dibudidayakan Secara Organik. Diakses pada tanggal 20 November 2018).

Kardinan, A. 2004. Pestisida Nabati Ramuan dan Aplikasi Penebar Swadaya: Jakarta.

Ningsih, T. U. (2013). Pengaruh filtrat umbi gadung, daun sirsak, dan herba anting-anting terhadap mortalitas larva Spodoptera litura. Jurnal Lentera `Bio. (2) (1) : (33-36.)

Pracaya. 1993. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman secara Organik. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Paparang, M., V.V. Memah dan J.B. Kaligis. 2016. Populasi dan Persentase Serangan Larva Spodoptera exigua Hubner pada Tanaman Bawang Daun dan Bawang Merah Di Desa Ampreng Kecamatan Langowan Barat. Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Volume (1) : (1-10.)

Rismayani. 2013. Manfaat buah maja sebagai pestisida nabati untuk hama penggerek buah kakao (Conopomorpha cramerella). Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri 19. (3) : (24-26.)
Rhomadhon, K. I. (2013). Pengaruh Ekstrak Umbi Gadung (Dioscorea hispida Dennst) Terhadap Pertumbuhan Dan Serangan Hama Kopi (Coffea robusta Lindl). [Skripsi]. Jember: Universitas Jember.

Rosmini, Dan Lasmini,SA. 2010. Identivikasi Cendawan entomopatogen lokal dan tingkat patogenitasnya terhadap hama wereng hijau (Nephotettix virescens distant.) Vector Virud tungro pada tanamn padi sawah di Kabupaten Donggala,. J.Agrolang, 17(3):(205-212.)

Ridwan, A. dan Muliani, S. 2013. Upaya menekan tingkat serangan penggerek buah kakao (PBK) pada tanaman kakao dengan memanfaatkan ekstrak buah maja. Jurnal Agroplantae 2 (1) : (1-6.)

Sembel, D.T. 2010. Pengendalian Hayati Hama-hama Serangga Tropis dan Gulma. Yogyakarta: Andi Offset.

Sastrosiswojo, S., Uhan, T.S., dan Sutarya, R. 2005. Penerapan Teknologi PHT pada Tanaman Kubis. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bandung.

Tjatjo, A. & T. Pratama. 2011. Uji Ekstrak Daun Gulma Siam (Chromolaena odorata) terhadap mortalitas Ulat Trip (Plutella xylostela) pada Tanaman Kubis (Brasica oleraceae Linn). Staf Pengajar Universitas Makassar.

Untung, K. 1993. Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. (273) p.