STRATEGI PENGEMBANGAN JIPANG JAGUNG PADA INDUSTRI JIPANG INDAH DI KELURAHAN BAYAOGE KECAMATAN TATANGA KOTA PALU

Article History

Submited : April 3, 2023
Published : April 3, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengidentifikasi potensi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) pada Industri Jipang Indah di Kota Palu. (2) Merumuskan Strategi pengembangan usaha pada Industri Jipang Indah di Kota Palu, dengan memanfaatkan faktor internal dan faktor eksternal. Jumlah responden yang diwawancarai sebanyak 5 orang responden dipilih dari pihak-pihak inetrnal dan eksternal. Responden dari pihak internal yaitu pimpinan industri dan 2 tenaga kerja Industri Jipang Indah. Responden dari pihak eksternal yaitu 2 konsumen Industri Jipang Indah. analisis yang digunkan adalah analisis SWOT.Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi yang tepat untuk diterapkan dalam strategi pemasaran tersebut adalah terletak pada kuadran I yaitu strategi   (S-O). Strategi  yang dihasilkan yaitu, (1) Memanfaatkan kualitas produk untuk lebih meningkatkan promosi  dan menjaga hubungan baik dengan para konsumen atau langganan, (2) Memanfaatkan harga terjangkau guna untuk menangkap peluang minimnya para pesaing dari produk yang sama, (3) Menggunakan modal yang dimiliki untuk mengikuti perkembangan media promosi serta memperluas pemasaran.

DAFTAR PUSTAKA
Ahyuna, M. Djabir Hamzah, dan M. Najib HM 2013 Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota MakassarJurnal Komunikasi KAREBAVol.1 (2):38-40

Antoncic, J. A and Antoncic, B. 2011. Employee Loyalty and Impact On Firm Growth. International Journal of Management andInformation System. Vol.2(1):7-9

Egan, Jon, 2001, Relationship Marketing Exploring Relational Strategies in Marketing, Prentice Hall.

Harits, N.A. 2004. Buku Panduan Sistem Informasi Penguatan Teknologidan Manajemen (SIPTekMan) Bagi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi. Jakarta : Deputi Menteri Riset dan Teknologi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan IPTEK BPPT.

Hermawan, 2010. Manajemen Risiko, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Hernanto B, dan Kwartatmono D.N. 2001. Teknologi Pembuatan dan Kendala Produksi Garam di Indonesia. Prosiding Forum Pasar Garam Indonesia.

Kartajaya, H. 2007. Markplus on Marketing: The Second Generation. Gramedia Pustaka Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2009. Menejemen Pemasaran dan Promosi, Erlangga, Jakarta.

Mardiyatmo 2008 kewirausahaan http://eprints.uny.ac.id/8760/3/bab%202%20-08404244001.pdf. Diakses pada tangga 15 oktober 2020 pukul 12:59 .

Nuruk, Huda, dan Hamzah. D. 2018. Pendugaan Umur Simpan Produk Pangan. Universitas Bakrie.ISBN : 978-602-7989-15-3.

Nuraini. 2017 Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi Roti Wilton Kualasimpang. Ejournal Fak.Ekonomi .Unv.SamudraVol 1(8):7-9.Edisi Juli 2017.

Noah, Y. dan Steve, M. 2012. Work Environment and Job Attitude Among Employees in A Nigerian Work Organization. Journal of Sustainable Society. Vol.1(2):36-43.

Neeyley dan Auken. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Wirausaha Terhadap Penggunaan Bootstrap Financing. http://eprints.perbanas.ac.id/776/1/Artikelilmiah.pdf diakss pada tanggal 15 oktober 2020 11:23 WITA

Rahmawati, R. 2018. Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Curahan Jam Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Home Industry Olahan Singkong Di Desa Setail Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175(2018) Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Sosial Program Studi Agribisnis, Universitas Jember.Vol.1(4):32-33

Riyanti, B.P.D, 2003. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian.: PT Grasindo. Jakarta

Rapini, T. dkk 2019. Strategi Pengembangan Produk Jipang Berbasiskan Pelatihan Manajemen Usaha dan Pemasaran Yang Kreatif.ISSN:2580-2682 Vol.3(1):2-3.Edisi Desember 2019.

Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soekartawi.2015. Pengantar Agroindustri. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sumarni dan Sueprihanto 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonoi Perusahaan), Edisi Ke 5. :Liberty Yogyakarta

Singh, M., 2012. Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and SWOT Analysis (IOSRJBM), Vol 1(3): 40–45.

Tjiptono, 2012.Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif Dan Tingkatan)https://www.kajianpustaka.com/2020/02/kualitas-produk-pengertian-manfaat-dimensi-perspektif-dan-tingkatan.htmlDiakses pada tangga 15/10/ 2020 pukul13 :14

Tiara, C.O, 2017. Indikasi Persaingan Usaha Tidak Sehat Dalam Aspek Tata Niaga Perdagangan Sapi Impor jurnal Fakultas Hukum, P-ISSN : 2086-2695, E-ISSN : 2527-4716 Universitas Atmajaya Caturtunggal, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wahyudi, A.S 2015, Manajemen Strategik, Jakarta, Penerbit Binarupa Aksara.
Nur, A., Tangkesalu, D., & Laihi, M. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN JIPANG JAGUNG PADA INDUSTRI JIPANG INDAH DI KELURAHAN BAYAOGE KECAMATAN TATANGA KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 11(2), 287 - 297. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1667
Fulltext