ANALISIS PEMASARAN BUAH SALAK PONDOH DI DESA TAMARENJA KECEMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : April 5, 2023
Published : April 3, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran buah salak pondoh di Desa Tamerenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai dengan November 2019 di Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari produsen petani buah salak, pedagang. Pengambilan sampel petani buah salak dilakukan dengan menggunakan metode acak sedarhana (Simple Random Sampling Methode) sebanyak 33 produsen (petani) dari total populasi 130 responden yang mengusahakan komoditi buah salak kemudian pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing Sampling Methode) sehingga diperoleh sebanyak 3 orang pedagang pengumpul. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran buah salak pondoh di Desa Tamarenja melalui dua saluran pemasaran yaitu:

  1. Petani     Pedagang pengumpul                     Konsumen Akhir            
  2. Petani     Konsumen Akhir 

            Hasil analisis margin pemasaran buah salak pondoh saluran 1 yaitu MT = Rp.10.000/Kg sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp. 15.000/Kg. Bagian harga yang diterima petani buah salak pada saluran 1 yaitu sebesar 47,61 %, sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 71,42 %. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 18,5%, sedangkan nilai efisiensi untuk saluran II adalah sebesar 16,6%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 16,6%.

Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jendral Hortikultura, 2007

Badan Pusat Statistik, 2018. Perkembangan Luas Areal, Produksi, dan Produktivitas Buah Salak di Kabupaten Donggala..

Flippo, 2002. Tingkat Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 5 no.3 September 2017, hal 4326-4335

Patty. Z , 2010. Karakteristik Petani Kelapa dan Produksi Kopra Rakyat Di Kabupaten Halmahera Utara. J. Agroforestri. Vol 5 No. 4 Desember 2010. Hal. 335–344.

Tambulus C., 2015. Kontribusi Usaha Tani Salak Terhadap Pendapatan Keluarga Petani di Wilayah Pangu Kecamatan Ratahan Timur. Jurnal Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Unsrat. Vol. 2 no.2 Hal. 104–114.

Abdul A. J, 2018. Strategi Pemasaran Salak Pondoh Di Desa Padang Pengrapat Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Vol. 2 no.1 Hal 1-9.

Anarsis, W. 2009. Agribisnis Komoditas Salak. Bumi Askara. Jakarta.

Andre Priyanto. 2018. Analisis Pemasaran Salak Pondoh (Salacca Edulis) Di Kecamatan Grimulyo Kabupaten Kulon Progo. Vol. 5 no.1, Hal 1-11.

Fatimah N. S, 2011. Analisis Pemasaran Kentang (Solanum Tuberosum L.) Di Kabupaten Wonosobo. Skripsi JurusanSosial Ekonomi Fakultas PertanianUniversitas Sebelas Maret Surakarta.

Regina P, 2018. Margin Pemasaran Buah Salak Di Desa Pangu Dua Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Vol. 5 no.2, Hal 1-15

Sulistyani B, 2019. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Salak Pondoh Di Desa Sigaluh Kecamatan Sigaluh Banjarnegara.
Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Manajemen Hasil-hasil Pertanian. PT. Raja grafindo persada, jakarta.

Soetomo, H.A. 2001. Teknik Bertanam Salak. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Tjipto. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Andi. Yogyakarta.

Tim Karya Mandiri. 2010. Pedoman Budidaya Buah Salak. CV Nuansa Aulia. Bandung.

Kohls dan Uhl, 2002. Efisiensi Pemasaran Produk Pertanian Dalam Fungsi Time Utility.