PENGARUH BERBAGAI MEDIA ARANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.)

Article History

Submited : April 5, 2023
Published : April 3, 2023

Produktivitas bawang daun di tingkat petani masih rendah akibat belum menggunakan media tanam dan pupuk yang optimal. Arang merupakan jenis-jenis bahan organik yang berasal dari berbagai sumber. Sumber dan komposisi bahan yang berbeda akan menyebabkan kemampuan mempengaruhi penyediaan fosfor dan kalium pada tanah berbeda pula.  Penggunaan arang sebagai media dapat menetralisir dan mengadaptasi kekeliruan unsur hara dalam pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai media arang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang daun. Penelitian ini dilaksanakan di Screen House Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada Bulan Maret sampai dengan Bulan Juni 2019. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 9 taraf perlakuan media arang, yaitu Arang Kayu 1 kg per polybag (AK1), Arang Sekam 1 kg per polybag (AS1), Arang Tempurung 1 kg per polybag (AT1), Arang Kayu 2 kg per polybag (AK2), Arang Sekam 2 kg per polybag (AS2), Arang Tempurung 2 kg per polybag (AT2), Arang Kayu 3 kg per polybag (AK3), Arang Sekam 3 kg per polybag (AS3) dan Arang Tempurung 3 kg per polybag (AT3). Hasil penelitian menunjukan bahwa media tanam arang sekam dengan dosis 2 kg per polibag memberikan pengaruh terbaik terhadap tinggi tanaman bawang daun.

Alex, S. 2014. Sayuran Dalam Pot Sayura Konsumsi Tak Harus Beli. Pustaka Baru. Yogyakarta.

Ali Sabit. 2012. Efek Suhu Pada Proses Pengarangan Terhadap Nilai Kalor Arang Tempurung Kelapa (Coconut Shell Charcoal). J Neutrino. 3(2):143-152.

Bachtiar S., Muhammad R., dan Dian S. 2017. Pengaruh Komposisi Media Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat. Jurnal Biology Science & Education. 6(1):52-60.

Cahyono, B. 2005. Teknik Budidaya dan Analisis Usaha Tani Bawang Daun. Kanisius. Yogyakarta.

Jalin E., Satria Putra R., dan Yuwana. 2018. Pembuatan Arang Dengn Metode Tungku Piloris Double Burner Menggunakan Limbah Kayu Dengan Metode Manduk Di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan.7(2):33-40.

Meltin lela. 2009. Budidaya Tanaman Bawang Daun (Allium fistulosum L.) Di Kebun Benih Hortikultura (KBH) Tawangmangu. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rahmawati, E. 2018. Pengaruh Berbagai Jenis Media Tanam Dan Konsentrasi Nutrisi Larutan Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Mentimun Jepang (Cucumis Sativus L.). Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi. UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Ridwan. 2017. Pengaruh Jenis Arang Sebagai Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Mataram. Mataram.
Roesmarkam, A dan Yuwono, N. W. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius. Yogyakarta.

Rukmana, R. 2005. Budidaya Bawang Daun. Penerbit Kanisius. Yogyakata.

Sudartik E., Nining Triani T., dan Riska R. 2018. Pemanfaatan Kotoran Kambing, Arang Sekam Dan MKM Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Bawang Daun (Allium fistulosum L.). Jurnal Perbal. 6(2):14-22.

Sugianto dan Kamelia, D. J. 2021. Pengaruh Komposisi Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah. Agrotecnology Res J. 5(1): 38-43.

Sunarjono, H. 2013. Bertanam 36 Jenis Sayuran. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Sutanto, R. 2002. Penerapan Pertaian Organik. Permasyaratan dan Kanisius. Yogyakarta.
Tarigan E., Yaya H., dan Mariati. 2015. Respons Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Terhadap Pemberian Abu Vulkanik Gunung Sinabung dan Arang Sekam Padi. Jurnal Agroekoteaknologi. 3(3): 956-962.

Wiryanta, B.T.W. 2007. Media Tanam untuk Tanaman Hias. AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Widiastuti L dan Muhammad Hanif K. 2017. Uji Pemotongan Umbi Dan Media Tanam Untuk Pertumbuhan Dan Hasil Vertikultur Tanaman Bawang Merah (Allium cepa). AGRONOMIKA. 12(1): 7-12.

Yusdian Y., Merry A., dan Ahmad D. 2016. Pertumbuhan dan Hasil Bawang Daun (Allium fistulosum L.) Varietas Linda Akibat Pemberian Pupuk Kandang Ayam dan Pupuk Urea. Jurnal Agro. 3(1): 20-24.