STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON IKAN TUNA PADA CV. IYAM MANDIRI DI KOTA PALU

Article History

Submited : April 6, 2023
Published : April 3, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif apa yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha abon ikan pada CV. Iyam Mandiri di Kota Palu Lokasi  penelitian  dipilih secara sengaja (purposive), dengan jumlah responden sebanyak 6 orang terdiri dari 1orang pimpinan CV. Iyam Mandiri, 2 orang karyawan, 1 orang konsumen, 1 orang pesaing, dan 1 orang pegawai dinas perindustrian dan perdagangan Kota Palu. Analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT, Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan atau Strengths, kelemahan atau Weaknesses, peluang atau Opportunities, dan ancaman atau Threats dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis. Berdasarkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor pengembangan usaha abon ikan tuna pada CV. Iyam Mandiri, yaitu diagram SWOT menunjukan posisi strategi untuk pengembangan usaha abon ikan tuna pada CV. Iyam Mandiri berada pada kuadran 1 yaitu pada posisi strategi SO (Strength – Opportunity), posisi ini merupakan situasi yang menguntungkan. Usaha abon ikan tuna pada CV. Iyam Mandiri memiliki kekuatan dan peluang, sehingga harus dapat Memperluas jaringan pemasaran yaitu bekerja sama dengan pemerintah dengan memanfaatkan media promosi dan kualitas produk, Memanfaatkan perkembangan kemajuan teknologi dan mempertahankan kualitas produk serta cita rasa yang khas dan memanfaatkan penggunaan modal awal sendiri dan pengalaman usaha untuk pangsa pasar luas. Memanfaatkan bantuan pemerintah berupa tempat usaha dan modal, sehingga letak usaha menjadi strategis, dan memiliki pangsa pasar luas.

 

Andi Muhammad Ismail, Dhanang Eka Putra. (2017) Inovasi Pembuatan Abon IkanCakalang Dengan Penambahan Jantung Pisang. Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Jl. Mastrip Kotak Pos 14 Jember. Agritech ISSN:1411-1063 Vol. 19, No. 1 : 45-54, Juni 2017

Ardyansah, 2011. Manfaat Ikan Untuk Perkembangan Otak Janin dalam Kandungan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

David Manajemen Strategi. Edisi Kesembilan. [Book]. - Jakarta : PT Intan Sejati Klaten, 2004.
Durianto, Darmadi. 2003. Strategi Menaklukkan Pasar. Jakarta. Gramedia.

Ekapriyatna IDGB Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Pedaging (Broiler) Ananta Guna di DEsa Sidan Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar [Journal]. - Bali : Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2016. - Vols. 7, No. 2 : 21-34

Firdaus, Maulana. 2015. Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Dalam Konstruksi Peraturan Di Indonesia. Buletin Ilmiah “MARINA” Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Vol. 2 (1): 1-7.

Fitrawati, 2013. Strategi Pengembangan Usaha Abon Pada UKM Mutiara di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis. 2338-3011. 2013 Vol.1 (3) : 295-300

Husnul Khatimah, 2013. Strategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Melalui Pendekatan Marketing Mix Pada Industri Raja Bawang di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis. 1(5): 462-470, Desember 2013.
Kotler, Philip, 2004. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan dan Pengetahuan, Edisi Keenam, Jakarta: Erlangga.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo, Jakarta.

Puguh Cahyono. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produi Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Universitas Islam Lamongan. 1(2), 129-130

Rangkuti Freddy Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. [Book]. - Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Rizkiyahaliyah dkk, 2015. Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan Studi Kasus Rumah Abon di Kota Bandung. Jurnal Perikanan Kelautan Vol. VI No. 2 (1)/Desember 2015 (78-84).

Saragih, 2010. Konsep Agroindustri. Penebar Swadaya, Jakarta