PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG UNGU (Zea mays Saccharata) PADA PEMBERIAN PUPUK ORGANIK DAN UREA

Article History

Submited : Juni 12, 2023
Published : Juni 7, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi pemberian dosis pupuk urea dan pupuk organik yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan hasil jagung ungu, untuk mendapatkan dosis pupuk organik yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan hasil jagung ungu serta untuk mendapatkan dosis pupuk urea yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan hasil jagung ungu. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ungkaya Kecamatan Witaponda Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Waktu penelitian mulai bulan Maret sampai Juni 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktorial. Faktor pertama yaitu dengan menggunakan pupuk organik yang terdiri dari perlakuan tanpa pupuk, pupuk organik 5 T  setara dengan 4,9 kg , pupuk organik 10 T  setara dengan 10 kg .  Faktor kedua yaitu menggunakan pupuk urea yang terdiri dari perlakuan tanpa pupuk, pupuk urea 400 kg  setara dengan 0,39 g , pupuk urea 600 kg  setara dengan 0,58 g . Variabel pengamatannya yaitu, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, diameter tongkol, panjang tongkol, jumlah baris/tongkol dan berat tongkol. Hasil penelitian menunjukan interaksi pupuk organik dan pupuk urea, berpengaruh sangat nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang dan panjang tongkol. Penggunaan pupuk organik berpengaruh sangat nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang dan panjang tongkol. Penggunaan pupuk urea berpengaruh sangat nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang tongkol, diameter tongkol, jumlah baris/tongkol dan berat tongkol.

Anisa Tuah Putri, 2018. Pengaruh dosis pupuk urea dan dosis pupuk KCL terhadap pertumbuhan dan hasil produksi jagung manis (Zea mays saccharata Sturt). Fakultas pertanian, universitas lampung. Bandar lampung

Badan Pusat Statistik. 2017. Data Produksi Padi, Jagung, dan Kedelai Provinsi Lampung tahun 2014. Berita Resmi Statistik. Lampung.

Buckman, H.O. dan N.C. Brady. 1982. Ilmu Tanah. Bhratara Karya Aksara.
Jakarta. 788 hal.

Derna, H. 2007. Jagung manis. http:// www. scribd.com/doc/38158723/jagung manis no4.pdf, Diakses Tanggal 20 September 2013.

Gomez, A. A. and K. A. Gomez. 1995. Statistical Procedures for Agricultural Research (terjemahanEndang. S dan Justika S. B. 1995. Prosedur Statistik untuk Penelitian Pertanian) Universitas Indonesia Press.

Hanafiah, K.A. 1989. Pengaruh Pupuk Kandang dan Kapur terhadap Agihan

Made, U. 2010. Respon berbagai populasi tanaman jagung manis (zea mays saccahara sturt.) Terhadap pemberian pupuk urea. J. Agroland. Hal 14.

Marajo, R.K. 2016. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Lamtoro dan Pupuk Nitrogen terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis( Zea mays Saccharata Sturt.). Skripsi.Fakultas pertanian universitas lampung. 1-41 hal

Mayadewi, A. 2007. Pengaruh Jenis Pupuk Kandang dan Jarak Tanam
terhadap Pertumbuhan Gulma Hasil Jagung Manis. Agritrop, 26 (4) :
153-159 ISN : 0215 8620.

Musnamar, E.I., 2003. Pupuk Organik Padat Pembuatan dan Aplikasi, Penebar Swadaya, Jakarta

Novizan, 2002. Petunjuk Pemupukan Yang Efektif. AgroMedia Pustaka, Jakarta

Priyanto. 2016. Respons Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccaratha Sturt. L) terhadap Pemberian Ekstrak Daun Lamtoro, Batang Pisang, dan Sabut Kelapa. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Bandar Lampung. Hal 1-47.
Rinata, I.G.M.A. 2016. Pengaruh Dosis Aplikasi Pupuk Trichokompos terhadap Pertumbuhan, Produksi, dan Kualitas Tanah Pada Tanaman Jagung Manis (Zea maysvar. saccharataSturt.). Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Bandar Lampung. 1-49 hal.

Seipin.M, J. Sjofjan dan E. Ariani. 2016. Pertumbuhan danProduksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharatasturt) Pada lahan Gambut yang Diberi Abu Sekam Padi dan Trichokompos Jerami Padi. JOM FAPERTA,3(2): 1-15.

Sutedjo, M.M., 2002. Pupuk dan cara pemupukan. Jakarta :Rinekacipta.

Suwahyono, Untung. 2011. Petunjuk Praktis Penggunaan Pupuk Organik Secara
Efektif Dan Efisien. Jakarta: Penebar Swadaya.

Syafii, H.Murniati dan Ariani, E. 2014. Aplikasi Kompos Serasah Jagung dengan Bahan Pengkaya terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mayssaccharata sturt). Jurnal Faperta, 1(2): 1-6.

Tarigan, EW. 2018. Penentuan kadar nitrogen (N), fosfor (P2O5), dan kalium (K2O) pada limbah kopi sebagai pupuk organik. Tersedia online pada repositori.usu.ac.id. Diakses 24 Juni 2018.

Utomo, M., 2002. Pengelolaan Lahan Kering Untuk Pertanian Berkelanjutan. Seminar Nasional Untuk Pembangunan Lahan Kering dan Pertemuan Ilmiah Tahunan. Himpunan Ilmu Tanah Indonesia, Mataram.