BAURAN PEMASARAN RUMPUT LAUT DI DESA LALOMBI KECAMATAN BANAWA SELATAN KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : June 27, 2023
Published : June 7, 2023

Penelitian ini dilaksanakan di lalombi kecamatan banawa selatan kabupaten donggala, penentuan lokasi secara sengaja (Purposive), atas pertimbangan bahwa petani di lalombi sebagian kecil yang melakukan kegiatan budidaya rumput laut. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari-maret 2021. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan proses pemasaran produk rumput laut  di Desa  Lalombi  dengan  menerapkan  bauran  pemasaran  yaitu  sebagai berikut : (1) Produk,  produk  rumput laut  yang  akan  dipasarkan,  yaitu  produk  rumput laut. (2) Harga, harga rumput laut masih terbilang murah berkisar ± harga Rp 10.000/kg  untuk  rumput laut kering dan berkisar ± harga Rp 7000/kg  rumput  laut basah. (3) Tempat, tempat  yang  digunakan untuk  proses  penjualan  produk rumput laut. (4) Promosi,  promosi yang  dilakukan  oleh produsen rumput  laut  dengan melakukan pelayanan yang baik terhadap konsumen.

Akhmad Sefudin. 2014. Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) “4p” Ke “4C” (studi Kasus Pada Universitas Indraprasta PGRI). Journal Of Applied Business and Economic. Vol. 1 No. 1. September.

Alam S. 2013. Ekonomi. Penerbit Erlangga.

Ari Putra Benyamin. 2019. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) di Pasarkita Pamulang. Jurnal Pemasaran kompetitif. Vol. 2 No. 3 Juni.

BPS, 2014. Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah. Palu.

Christian, A. D. Selang. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran. Journal EMBA. Vol. 1 No.3 Hal 71-80. Manado.

Desy Dwi Sulastriya Ningsih dan M. Ruslianor Maika. 2020. Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 6(03),693-702. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Drs. Basu Swastha Dharmmesta dan Drs. Hani Handoko. 1997. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. BPFE-Yogyakarta.

Ir. Eddy Afrianto dan Ir. Evi Liviawaty. 1993. Budidaya Rumput Laut dan Cara Pengolahannya. ISBN 979-410-160-5. Penerbit Bhratara. Jakarta.

Kotler Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Nurul Huda, dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT). 180 hal. Kencana. Jl Kebayunan No. 1. Tapos-Cimanggis, Depok.

Payne. A. 2006. Service Marketing Pemasaran Jasa. Yogyakarta

Petrus Rajamuda Kolly Dasion, Dkk. 2014. Analisis Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma sp) Di Desa Wuakerong Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata. Buana Sains Vol 14. No. 1 Hal 1-10.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta: UI-Press. 110 Hal.

Suparman. Cara Mudah Budidaya Rumput Laut Menyehatkan dan Menguntungkan. Penerbit Pustaka Baru Press. Jl. Wonosari Km 6, Demblaksari Rt 4, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Tim Selasar Ilmu, 2010. Desa Pelopor Budidaya Rumput Laut. Cet 2 (edisi revisi). Sarana Ilmu Pustaka, Iv + 52 hlm. Bandung.
Jumarni, J., Alam, M. N., & Alamsyar, A. (2023). BAURAN PEMASARAN RUMPUT LAUT DI DESA LALOMBI KECAMATAN BANAWA SELATAN KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 11(3), 721 -. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v11i3.1746
Fulltext