STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TORU FARM PALU DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

Article History

Submited : Agustus 7, 2023
Published : Desember 14, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui : (i) konsep “Business Model Canvas” yang sekarang diterapkan oleh Usaha Toru  Farm Palu, dan (ii) alternatif konsep “Business Model Canvas” yang dapat diterapkan oleh Usaha Toru Farm Palu di masa mendatang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juni tahun 2022 Di Toru Farm Palu. Penentuan  responden  dalam  penelitian  ini  dilakukan  secara  sengaja (Purpossive). Responden dalam penelitian ini adalah pemilik, manajer serta karyawan Toru Farm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Business Model Canvas yang digunakan Toru Farm saat ini kemudian ditambahkan alternatif yang dapat diterapkan dimasa mendatang. Customer segments, ditambahkan alternatif 1).komunitas, 2). Millenials, 3). penyedia jasa bahan baku di restoran, cafe, hotel dan rumah sakit. Value Proposition, ditambahkan alternatif 1).Mengikuti tren, 2).melakukan control quality untuk menghasilkan produk dengan kualitas premium. Customer Relationship, ditambahkan alternatif 1).Memberikan reward bagi konsumen yang loyal. Channels, ditambahkan alternatif 1).Outlet baru dengan tempat strategis. Revenue Stream ditambahkan alternatif 1).Pendapatan dari penjualan produk baru, 2).Customized product. Key Resources, ditambahkan alternatif 1). kerjasama dengan tenaga ahli 2).pemanfaatan teknologi baru. Key Activities, ditambahkan alternatif 1).Pengolahan produk baru. Key partners, ditambahkan alternatif 1).Mitra potensial lokal dan luar daerah. Cost structure, ditambahkan alternatif 1).Biaya pembelajaran untuk product development.

Amit, R & Zott, C. 2001 Value Creation in E-Business. Strategic Management Journal. 22(6):493-520. Edisi Tahun 2001.
Apriadi D, Saputra AY. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). 1(2): 131-136. Edisi Tahun 2017.
Effendy AY, Kunto YS. 2013. Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 1(2): 1-8. Edisi Tahun 2013.
Frans M,Royan. 2014. Business Model Canvass Distributor. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Hadi SP, Nastiti FE. 2014. Analisis Kebutuhan Aplikasi Dengan Pemetaan Pada Business Model Canvas. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. 3(1):105-155. Edisi Tahun 2014.
Hartatik, Baroto, T. 2017. Strategi Pengembangan Bisnis dengan Metode Business Model Canvass. Jurnal Teknik Industri 18(2):113-120. Edisi Tahun 2017.
Indra ZF. 2017. Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias CV. Green Saujana Nursery [tesis]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.
Irmawati D. 2011. Pemanfaatan E-commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. 6 (2):95-112. Edisi Tahun 2011.
Machmud, S. & Sidharta .I 2013. Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Sektor UMKM di Kota Bandung. Jurnal Computech & Bisnis.
Maulana, AR. 2019. Analisis Model Bisnis pada Kedai Mimicucu dengan Pendekatan Business Model Canvas.
Osterwalder & Pigneur. 2017. Business Model Generatrion. Jakarta : Elex Media Computindo.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT tenik membelah kasus bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sitio, V.S.S. 2017. Strategi Bisnins dengan Pendekatan Business Model Canvass. 2(1):36-51.. Edisi Tahun 2017.
Sondang P. Siagian. MPA. 2010. Manajemen Strategik. Jakarta. Bumi Aksarsa.