STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SUKUN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA CITRA LESTARI PRODUCTION DI KOTA PALU

Article History

Submited : Agustus 9, 2023
Published : Oktober 13, 2023

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat diterapkan dalam pengembangan keripik sukun pada industri rumah tangga “Citra Lestari Production” di Kota Palu. Responden pada penelitian ini terdiri dari 6 orang yaitu, 1 pimpinan, 2 karyawan dan 3 konsumen. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dilakukan dengan sengaja (Purposive). Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh pada Tabel IFAS yaitu sebesar 3,23 dengan skor kekuatan 2,08 dan skor kelemahan 1,15. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan industri rumah tangga “Citra Lestari Production”  lebih besar dari pada kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh pada Tabel EFAS yaitu sebesar 3,18 dengan skor peluang 2,16 dan skor ancaman 1,02. Hal ini faktor peluang yang dimiliki oleh industri rumah tangga “Citra Lestari Production” lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal dan faktor eksternal strategi pengembangan usaha keripik sukun pada industri rumah tangga “Citra Lestari Production” didapatkan strategi yang tepat untuk pengembangan keripik sukun terdapat pada kuadran I adalah Mendukung Strategi SO (Strengths-Opportunities) dengan nilai 4,24 adalah Memanfaatkan Peluang Pasar Yang Ada Dengan Memaksimalkan Media Promosi Serta Mengenalkan Produk Sehingga Dapat Bersaing Dengan Industri Lainya.

David, F. R, 2006. Konsep Manajemen Strategi. Salemba Empat, Jakarta.
Djalil. M., 2015. Strategi Pengembangan Usaha Keripik Ubi Kayu pada Industri Pundi Mas di Kota Palu. J. Agrotekbis 3 (3) Hal. 390-401.
Herdiyandi. 2016. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Tentang Tepung Tapioka di Desa Naratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh Tasikmalaya 2 (2) Hal. 81.
Irawan. D.,2014. Strategi Pengembangan Usaha Kacang Goyang pada Industri Rumah Tangga Primajaya di Kota Palu, J. Agrotekbis 2 (6) Hal. 620-627.
Koswara. 2006. Sukun sebagai cadangan pangan alternatif. Http://ebookpangan.com/Artikel/Potensi_Sukun_Sebagai_Cadangan_Pangan_Nasionanl_.pdf
Noer. 2011. Strategi Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Keripik Sukun di Kecamatan Ajung-Jember Universitas Jember. Jurnal Agrokteknologi 5 (1) Hal. 62-70.
Rangkuti. 2009. Analisis SWOT Teknik Pembeda Kasus Bisnis. : PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Saragih, 2000. Pengembangan Agroindustri Melalui Peneliti Pengembangan Produk yang intensif dan berkesinambungan. Jurnal Agroekonomi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian UGM. Yogyakarta. 7 (1) Hal. 181-188.
Saragih, 2006. Pembangunan Agroindustri sebagai Strategi Industrialisasi. Makalah dalam Prosiding Kongres ISSEI XVI di Manado 18 – 20 Juni 2006.
Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
Supriadi. 2013. Penelitian tentang “Strategi Pengembangan Usaha Bawang Goreng pada Usaha Bersama” Kabupaten Sigi, Palu. J. Agrotekbis 1 (3) Hal. 282-287.
Widoyoko. 2010. Sukun Solusi Alternatif Atasi Krisis Pangan dan Mitigasi Dampak Perubahan Iklim. Gibon Books Jakarta.
Zuhrotun. 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif, Gresik. Jurnal Ekbis Vol.9 No.2. Hal. 468-476.