ANALISIS PEMASARANCABAI RAWIT DI DESA SUNJU KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : September 18, 2023
Published : Desember 11, 2023

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan besarnya margin pemasaran cabai rawit pada masing-masing saluran pemasaran, berapa besar bagian harga yang diterima oleh petani (Produsen) cabai rawit pada masing-masing saluran pemasaran, dan tingkat efisiensi pemasaran cabai rawit pada masing-masing saluran pemasaran di Desa Sunju. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2019 di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Pemilihan Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Sunju merupakan daerah penghasil cabai rawit tertinggi di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Analisis yang digunakan adalah Analisis Margin Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan Ada 2 bentuk saluran pemasaran yang terjadi di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi, yaitu: 1. Petani (produsen) à pedagang pengumpul à pedagang besar à Pedagang Pengecer à konsumen, 2. Petani (produsen) à pedagang pengecer à konsumen. Margin pemasaran cabai rawit yang diperoleh di Desa Sunju pada saluran pertama yaitu sebesar Rp.12.000/Kg, sedangkan margin pemasaran cabai rawit yang diperoleh pada saluran kedua yaitu sebesar Rp.7.000/Kg. Bagian harga yang diperoleh petani dari pemasaran cabai rawit pada saluran pertama yaitu sebesar 76,92 %, sedangkan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua yaitu sebesar 85,11%. Efisiensi pemasaran cabai rawit di Desa Sunju pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 3,42% dan saluran kedua diperoleh hasil sebesar 1,69%.

Anindita,A.,2004.Pemasaran Hasil pertanian. Papyrus. Surabaya.

Kouassi CK, Koffi-nevry R, Guillaume LY et al. 2012.Profiles of bioactive compounds of some pepper fruit (Capsicum L.) Varieties grown in Côte d’ivoire. Innovative Romanian Food Biotechnol 11: 23-31.

Saragih, 2001.Kumpulan Pemikiran Agribisnis Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Pustaka Wirausaha Muda. Bogor.

Soekartawi, 2002.Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasinya. PT. Raja grafindo persada, jakarta.

Soekartawi, 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. Universitas Indonesia.

Swastha, B dan Ibnu Sokotjo .2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. CV. Pionir Group. Bandung.

Utaminingsih. U. B, Watemin dan Dumasari, 2009. Analisis. Pemasaran Cabai Merah (Capsicum Annum) Di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang AGRITECH, VOL. XI NO. 2 Des. 2009 : 116 – 124.
Yantu, M.R., 2007. Peranan Sektor Pertanian dalam Perekonomian Wilayah Sulawesi Selatan. Jurnal Agroland Vol. 14(1) : 31-37, Maret 2007