KEPADATAN POPULASI DAN POLA SEBARAN HAMA ULAT DAUN KUBIS (Plutella xylostella L.) (LEPIDOPTERA:PLUTELLIDAE) PADA TANAMAN KUBIS DI KECAMATAN TANANTOVEA

Article History

Submited : September 18, 2023
Published : October 23, 2023

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepadatan populasi dan pola sebaran hama ulat daun kubis Plutella xylostella L. pada lahan pertanaman kubis masyarakat. Penelitian ini di laksanakan di lahan pertanaman kubis di dusun Kebun Kopi dan dusun Tanjung Angin di kecamatan tanantovea. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan februari sampai april 2021. Pengamatan dilakukan selama 7 minggu sebanyak 7 kali pengamatan. Pengamatan yang terdiri dari 2 variabel yaitu kepadatan populasi dan pola sebaran. Hasil penelitian menunjukkan kepadatan populasi tertinggi di dusun kebun kopi terdapat pada minggu keempat dengan nilai rata-rata 5,02 ekor/tanaman, sedangkan kepadatan populasi yang tertinggi di dusun tanjung angin adalah pengamatan kedua dengan nilai rata-rata 5,71 ekor/tanaman. pola sebaran pada lahan kubis di dusun kebun kopi dan dusun tanjung angin adalah pola sebaran acak dengan nilai Ip (derajat Morisita) = 0.

Alfadli, M. 2012. Uji Efektivitas Ekstrak Kulit Jengkol dalam Mengendalikan Hama Ulat Plutella xylsotella L. Dan Spodoptera litura Di Laboraturium. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Anggriani, P., Dewi, B.S., & Winarno, G. D. 2018. Populasi Dan Pola Sebaran Burung Kuntul Besar (Egretta alba) Di Lampung Mangrove Center. Jurnal Sylva Lestari. 6(3):73-80.
Badan Pusat Statitik (BPS). 2016. Luas Panen, Produksi, Dan Hasil Perhektar Tanaman Sayuran Menurut Kabupaten/Kota Dan Jenis Sayuran Di Provinsi Sulawesi Tengah.
Da-Lopez, Y. F., Trisyono, Y. A., Witjaksono, & Septiadi. 2014. Pola Sebaran Kelompok Telur Ostrinia furnacalis Guenee (Lepidoptera:Crambidae) Pada Lahan Jagung. Jurnal Entomologi Indonesia. 11(2):81-92.
Iwantari, A. 2012. Pengaruh Pemberian Biofertilizer Dan Jenis Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Tanaman Kubis (Brassica oleracea).[Skripsi].Program Studi S-1 Biologi Departemen Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Airlangga.
Kurniawan, A., & Panggeso, J. 2020. Efektivitas Cendawan Entomopatogen Beauveria bassiana Terhadap Mortalitas Dan Daya Hambat Makan Ulat Daun Kubis (Plutella xylsotella L.) E-J. Agrotekbis. 8(3):686-695.
Laili, F. N. 2019. Pengaruh Kepadatan Populasi Hama Kumbang Bubuk Jagung (Sitophilus zeamays M.) Terhadap Susut Bobot Jagung Dan Jumlah Progeni. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Meilani, V. 2018. Pengaruh Variasi Konsentrasi Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) Terhadap Mortalitas Dan Aktivitas Makan Ulat Tritip (Plutella Xylostella) Pada Tanaman Sawi Caisim (Brassica juncea L.) [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Milda, G, Djufri, & Suprianto. 2017. Kerapatan Edelweis (Anaphalis javanica) Di Gunung Burni Telong Bener. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2(1):8-14.
Nurfajriani, F. Tirmizi Dan R. Stella. 2022. Tingkat Serangan Hama Plutella xylostella Pada Tanaman Kubis (Brassica oleracea L.) Dengan Penggunaan Jaring Pelindung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agrokomplek. 1(1):21-28.
Pandeirot, W.M., Wanta, N.N., & Pinaria, B. A. N . 2015. Populasi Larva Plutella xylostella Linn. Pada Tanaman Kubis Di Kelurahan Paslaten Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon. Cocos. 6(10)1-11.
Shiyama, F. 2008. Distribusi Selenothrips rubrocinctus (Giard) Pada Perkebunan Jarak Pagar (Jatropha curcas L.). [Skripsi]. Jurusan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Malang.
Supartha, N. P. E. Y.., Susila, I. W., & Yuliadhi, K. A. 2014. Keragaman Dan Kepadatan Populasi Parasitoid yang Berasosiasi dengan Plutella xylsotella L. (Lepidoptera:Plutellidae) Pada Tanaman Kubis tanpa Aplikasi dan Aplikasi Insektisida. Agroteknologi Tropika. 3(1): 12-21.
Susniahti, N., Suganda, T., Sudrajat, S., Dono, D., & Nadhirah, A. 2017. Reproduksi, Fekunditas dan Lama Hidup Tiap Fase Perkembangan Plutella xylostella (Lepidoptera:Ypnomeutidae) Pada Beberapa Jenis Tumbuhan Cruciferae. Agrikultura. 28(1):27-31.
Tumanduk, M, G., Pinaria, B.A.N.,& Salaki, C.L.2017. Serangan Hama Penggerek Batang Cengkeh Hexamithodera semivelutina Hell. Di Desa Kumelembuai Kabupaten Minahas Selatan. Cocos. 1(4):1-12.
Wardani, N. W. S. 2004. Pemodelan Daya Hama Plutella xylostella L. Pada Tanaman Kubis Untuk Menentukan Saat Pengendalian Kimiawi. [Skripsi]. Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.
Witno, Puspaningsih, N., & Kunchayo, B. 2021. Pola Sebaran Spasial Biomassa Di Areal Revegetasi Bekas Tambang Nikel. Jurnal Penelitian Kehutanan Bonita. 1(2):1-9.
Nurlia, N., & Toana, M. H. (2023). KEPADATAN POPULASI DAN POLA SEBARAN HAMA ULAT DAUN KUBIS (Plutella xylostella L.) (LEPIDOPTERA:PLUTELLIDAE) PADA TANAMAN KUBIS DI KECAMATAN TANANTOVEA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 11(5), 1259 - 1268. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v11i5.1887
Fulltext