Strategi Pengembangan Usaha Abon Daging Sapi Pada Industri “Citra Lestari Production” Di Kota Palu

Article History

Submited : June 24, 2020
Published : August 31, 2017

Abon adalah makanan yang terbuat dari daging yang disuwir atau telah dipisahkan seratnya, kemudian ditambah bumbu dan digoreng. Tujuan daripada UKM “Citra Lestari Production” di Kota Palu. Lokasi Penelitian ini ditentukan secara sengaja, penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive), pimpinan dan karyawan sebagai responden. Hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor eksternal strategi pengembangan usaha abon sapi UKM “Citra Lestari Production” diperoleh dari hasil pengurangan antara factor peluang (Opportunities) dan ancaman (Threaths) Yaitu sumbu Y dalam diagram SWOT adalah 1,19, sedangkan hasil perhitungan dari UKM “Citra Lestari Production” diperoleh dari hasil pengurangan antara factor kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weakness) yaitu 2,36 – 1,04 = 1,32 yang dijadikan sebagai sumbu horizontal atau sumbu X, maka sumbu X dalam diagram SWOT adalah 1,32 posisi usaha untuk strategi pengembangan usaha abon sapi UKM “Citra Lestari Production” berada pada kuadran I, dimana pada posisi ini sebuah usaha maupun industri memiliki posisi yang kuat dan berpeluang untuk berkembang. Dari hasil kuadran SWOT maka penerapan strategi yang dapat digunakan UKM “Citra Lestari Production” yaitu strategi SO. Strategi SO merupakan strategi yang dapat digunakan karena usaha/industri memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat bermanfaat peluang  yang ada.

Putri, T., & Lamusa, A. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Abon Daging Sapi Pada Industri “Citra Lestari Production” Di Kota Palu. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 5(4), 525 - 530. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/192
Fulltext