PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS MIKORIZA DAN DOSIS BOKASHI KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassicca Rapa L.) PADA MEDIA TANAH BEKAS LIKUIFAKSI

Article History

Submited : Desember 5, 2023
Published : Januari 5, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil  tanaman pakcoy   (Brassica rapa L.) yang diberikan perlakuan dosis mikoriza dan dosis bokashi kandang ayam yang ditanam pada media tanah liqiufaksi. Penelitian ini dilaksanakan di kebun Akademik Fakultas Pertanian Universitas Tadulako yang berlangsung bulan September Sampai Oktober 2019. Desain Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor.  Faktor pertama adalah dosis mikoriza yang terdiri atas: 5g/polybag (MK1), 10g/polybag (MK2) dan 15 g/Polibag (MK3). Sedangkan Faktor kedua adalah dosis bokashi kandang ayam yang terdiri atas :10 ton/ha (BA1) , g Ayam 15 ton/ha (BA2) dan 20 ton/ha (BA3). Setianp unit percobaan terdiri atas 3 polybag dan diulang sebanyak tiga kali, sehingga terdapai 81 unit percobaan. Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot segar, bobot kering, panjang akar, volume akar, berat akar basah dan berat akar kering. Data pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis of varians (ANOVA) dan menggunakan uji lanjut BNJ ( Beda Nyata Jujur) pada taraf a = 5%. Hasil uji BNJ menunjukkan  bahwa Secara umum tidak ada pengaruh pemberian mikoriza maupun pupuk bokashi kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy.

Gardner, F.P., Pearce R.B, dan Mitchell, R. L. diterjemahkan oleh Susilo, H dan Subiyanto., 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Penerbit Universitas Indonesia (UI Press). Jakarta.
Harlina, N. 2003. Pemanfaatan Pupuk Majemuk Sebagai Sumber Hara Budidaya
Haryanto, W. T. Suhartini dan E. Rahayu. 2003. Sawi dan Selada. Edisi Revisi Penebar Swadaya, Jakarta.
Hidayat C. 2002. Studi Biodiversitas Fungi Mikoriza Arbuskula pada Tumbuhan Bawah di tegakan Sengon. [Skripsi]. Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.
Hanafiah, Kemas Ali. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Jakarta: Raja Grafindo.
Novizan.2007. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agro Media Pustaka. Jakarta.
Sutedjo, M. M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.
Syafruddin, S. Saenong, dan Subandi. 2008. Penggunaan bagan warna daun untuk efisiensi pemupukan N pada tanaman jagung. Penelitian Pertanian Tanaman Pangan 27 (1):24-31.
Yetti, H. dan Elita, E., 2008. Penggunaan Pupuk Organik dan KCL pada Tanaman Bawang Merah. Sagu 7 (1): 13-18